LDKS SMA.N 23 Konsel Tanamkan Karakter Pemimpin yang Beriman dan Berintegritas

Pelaksanaan LDKS SMA.N 23 Konawe Selatan. (Dedi Wardani/Rakyatpostonline.com)

Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Kepemimpinan merupakan suatu kiat atau kewibawaan yang mampu menggerakan orang lain, baik secara perorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan organisasi.

Kepemimpinan meliputi berbagai dimensi, dan berfungsi sebagai salah satu piranti penggerak atau motivator sumber daya yang ada dalam organisasi, sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi dalam mencapai tujuan.

Demikian pula dengan kepengurusan OSIS SMA Negeri 23 Konawe Selatan (Konsel) yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaan siswa harus mampu mewujudkan tugas pokok dan fungsinya.
Dalam rangka menanamkan karakter jiwa kepemimpinan yang beriman dan berintegritas, SMA Negeri 23 Konawe Selatan menyelenggarakan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan) di sekolah

“Kegiatan LDKS ini meliputi, rapling, bina mental atau yang dikatakan pembinaan karakter. LDKS kali ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap mandiri, setia kawan, dan memupuk jiwa religius yang tinggi serta yang tak kalah penting menumbuhkan potensi yang dimiliki,” Ungkap Ketua Panitia LDKS, Ranti Widiastuti, S.Pd.

Menurut Ranti Widiastuti, Kemauan dan kemampuan kepemimpinan OSIS hanya dapat berperan dengan sebaik-baiknya apabila secara teratur, terencana dan berkesinambungan dilaksanakan pembinaan dan pengembangan diri dilakukan.

“Inti Tujuan kami, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” Jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Sekolah SMA Negeri 23 Konsel, Rosiman, S.Pd.,M.Pd menurutnya Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi pengurus OSIS, merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader-kader penerus bangsa bukan hanya sebagai slogan “Pemuda Harapan Bangsa”.
“Komitmen kami sebagai pihak sekolah berupaya membentuk karakter siswa SMA Negeri 23 Konsel yang tanggap, tangguh, dan trengginas,” Ungkap Rosiman.

Lanjut Rosiman, pihaknya melatih siswa siswi untuk memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan kecerdasan kinestesis. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun, dan disiplin,” Tutupnya saat awak rakyatpostonline.com mengunjungi sekolah SMA Negeri 23 Konsel. (B)

Laporan: Dedi Wardani
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *