Bupati Andi Tenri Buka Resmi STQ Tingkat Kabupaten 2021

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Berselang beberapa jam pasca dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, S.H, Penjabat (Pj) Bupati Konawe Selatan (Konsel) Dra Hj Andi Tendri Rawe Silondae MM langsung bekerja menjalankan wewenangnya dengan membuka penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Tingkat Kabupaten Tahun 2021. Senin (8/3/2021) Siang kemarin.

Pembukaan STQH bertempat di Auditorium Lantai III Kantor Bupati Konsel, yang di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) H Sjarif Sajang, Kepala Kejari Konsel Dr Apriliana Purba, Kepala Kemenag H Joko dan unsur Forkopimda serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel.

Pelaksanaan pertandingan sesuai jadwal akan berlangsung mulai tanggal 8 – 11 Maret 2021, dengan 4 lokasi kegiatan yakni di Masjid Raya Andoolo, Aula Dinas PTSP, Aula Kantor Kemenag Konsel dan Aula Auditorium Kantor Bupati yang memperebutkan empat cabang lomba.

Keempat cabang lomba yang dipertandingkan dalam STQH dengan tema “membangun generasi Qur’ani yang cerdas, religius, berakhlakul karimah dan berdaya saing menuju masyarakat madani” ini diantaranya, cabang Tilawah, cabang Hifdzil Qur’an 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 dan 30 juz, cabang Tafsir Qur’an, serta cabang Musabaqah Hadits Nabi.

Penjabat Bupati Konsel Andi Tenri menyampaikan, kegiatan dilaksanakan untuk menjaring qari dan qariah terbaik persiapan menghadapi STQH tingkat Provinsi, sekaligus berharap dengan momentum pelaksanaan kegiatan dapat mempererat ukhuwah islamiah dan meningkatkan syiar islam di Konawe Selatan.

“Selain itu untuk membina qari dan qariah kita untuk lebih mandiri, STQH juga sebagai sarana evaluasi kemajuan masyarakat dalam menghayati, mengamalkan nilai nilai keagamaan melalui baca tulis Qur’an sekaligus petunjuk yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Dan yang terpenting, pungkas Pj Bupati Andi Tenri, kegiatan dapat mendorong seluruh masyarakat secara swadaya untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an di Konawe Selatan.

Sedangkan menurut Kepala Bagian Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka selaku Ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan merupakan agenda rutin Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

“Untuk Dewan Hakim berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, unsur MUI, Imam Masjid Al- Alam dan Mantan Qari – Qariah Terbaik, digelar dalam rangka persiapan menghadapi TQH tingkat Provinsi Sultra pada awal april mendatang,” tukasnya. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *