Cegah Covid 19, Pemdes Lawolia Bergerak Cepat Penyemprotan Disinfektan ke Fasum

Musafir, Kepala Desa Lawolia. (Sultan/Rakyatpostonline.com).


Kolaka, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Lawolia, Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Di tengah Penyebaran wabah Covid-19 (virus Corona) di Indonesia. Kepala Desa Lawolia, Musafir bergerak cepat melakukan Menyiraman cairan Disinfektan ke tempat-tempat umum hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 yang sangat berbahaya ini.

Menurut Musafir, selaku kades Lawolia saat di temui mengatakan bahwa anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN Pusat sudah cair 40 Persen dan anggaran tersebut akan kita alihkan sebagian ke penanganan Virus Corona, minimal 15 % (Persen) dan maksimal 25 %.

“Kita sementara menunggu Regulasi dan arahan dari pemerintah daerah seperti apa pengalihan anggaran Dana desa Ke anggaran Covid-19, Sebab hasil rapat kemarin minimal 15 % (persen) dan maksimal 25 % (Persen) akan di alihkan ke anggaran Covid -29,” Paparnya.

Sedangkan Rencana Program Pencegahan Covid -19 pihaknya akan membagikan masker kepada Warganya demi cegah Penularan corona di wilayahnya di Desa Lawolia, Kecamatan Iwoimendaa kabupaten Kolaka.

“Pemdes Lawolia juga sudah melakukan Penyiraman Cairan Disinfektan ke tempat-tempat Obyek Vital (tempat umum ) sebanyak dua kali, dan penyiraman ini akan rutin kami lakukan, kemungkinan 1 kali dalam minggu kami lakukan penyiraman. Disamping itu kita juga nantinya akan menyiram cairan Disinfekatan Kerumah-rumah warga,” Tutur, Musafir kepada wartawan.

APBDes Desa Lawolia TA. 2020.

Harapan musafir sebagai kepala desa Lawolia kecamatan Iwoimendaa ini, bahwa agar di tengah mewabahnya virus Corona atau yang sering di sebut Covid-19, masyarakat desa Lawolia di harapkan menjaga kesehatan dan kebersihan, utamanya yaitu rajin Cuci tangan, dan pakai masker, dan juga kami harap diam di rumah dulu (Stay Home) dan selalu dengarkan anjuran, himbauan pemerintah agar kita semua terhindar dari penyakit yang mematikan ini, apalagi sultra sudah ada yang positif bahkan ada yang meninggal karena Corona Virus, jadi kita arus jaga jarak dan diam di rumah (Stay Home).

Lebih Lanjut, Musafir juga sempat menyampaikan untu k Program DD Tahap Pertama anggarannya Sudah cair 40 % (Persen) dan kami sudah melakukan pembangunan di desa yang dikelola langsung oleh TPK yang bantu oleh warga setempat.

“Sementara itu Program Dana Desa yang rencananya akan dilaksanakan yakni berupa pembangunan Rabat beton, Pembangunan Jembatan, dan Peningkatan jalan,” Tutup, Musafir. (B)

Laporan: Sultan Bakri
Editor: Noldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.