Tangani Stunting, Pemkab Koltim Sosialisasikan Program BKB HIU dan Dashat

Abdul Azis resmikan Layanan Bina Keluarga Balita Holistik Integratif Unggulan, dan Luncurkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting di Kantor Desa Keisio, Kecamatan Lalolae, Selasa (17/10/2023).

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.com – Plt Bupati Koltim, Abdul Azis resmikan Layanan Bina Keluarga Balita Holistik Integratif Unggulan (BKB HIU) dan Luncurkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), di Kantor Desa Keisio, Kecamatan Lalolae, Selasa (17/10/2023).

Pada acara tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Koltim, Hartini Azis, A.Ma, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, bersama dengan ratusan warga.

Abdul Azis menjelaskan bahwa BKB HIU adalah strategi pembangunan manusia yang dimulai sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), dengan tujuan mewujudkan generasi emas Indonesia.

Fokusnya adalah memenuhi kebutuhan dasar anak dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka dengan aspek asah, asih, dan asuh yang optimal, dimulai sejak dalam kandungan.

Kader BKB memiliki peran aktif dalam memberikan stimulasi dan pengasuhan yang sesuai untuk mendukung perkembangan anak selama 1.000 HPK yang merupakan periode kritis bagi perkembangan otak anak.

Bupati juga menggarisbawahi upaya pemerintah pusat dalam percepatan penurunan stunting, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim telah berkomitmen mendukung upaya ini melalui BKB HIU.

Program ini melibatkan kelas pengasuhan untuk keluarga yang memiliki ibu hamil dan anak usia 0-23 bulan atau Baduta. Tujuannya mengurangi angka stunting hingga 14 persen pada tahun 2024.

Abdul Azis berharap, semua kepala desa dan lurah mendukung penyelenggaraan kelas pengasuhan ini yang akan memberikan kontribusi penting dalam upaya penurunan angka stunting.

“Seluruh pihak diharapkan bersatu dalam upaya pencegahan stunting yang terintegrasi, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Koltim sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat,” tutup Abdul Azis.


Laporan: Asrianto Daranga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!