HKN di Koltim, Piagam Akreditasi dan Bantuan Peralatan Diserahkan ke Puskesmas

Abd Azis, SH., MH, memimpin perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 di Lapangan Nur Latamoro, Kelurahan Raterate, Kecamatan Tirawuta, Selasa (14/11/2023).

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.com – Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis, SH., MH, memimpin perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 di Lapangan Nur Latamoro, Kelurahan Raterate, Kecamatan Tirawuta, Selasa (14/11/2023).

Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat tinggi, antara lain Kapolres Koltim, AKBP Yudhi Palmi DJ, S.I.K., M.Si, Sekda, Andi Muh Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, Ketua TP PKK Koltim, Hartini Azis, A.Ma, Ketua Bawaslu Koltim, Abang Laliasa, pimpinan OPD, camat, dan Kapus.

Kegiatan dimulai dengan senam sehat dan diikuti upacara peringatan HKN, ditandai dengan pembacaan sambutan tertulis Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin oleh Plt Bupati Koltim.

Dalam sambutannya, Menkes menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sedang mengalami periode bonus demografi yang langka dalam sejarah sebuah negara.

Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia harus memanfaatkan kesempatan ini untuk melampaui “middle-income trap”, menjadi negara berpendapatan tinggi, dan mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Menurut Menkes, pasca disahkannya Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan, Pemerintah sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK).

RIBK akan menjadi pedoman bersama dalam pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia yang harus dijadikan rujukan oleh pemerintah pusat dan daerah, dalam merencanakan, menganggarkan, dan melaksanakan program kesehatan di wilayahnya.

Menkes menekankan bahwa untuk mewujudkan enam pilar transformasi kesehatan, diperlukan sinergi dan kolaborasi kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat.

Enam pilar tersebut meliputi transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan, dan teknologi kesehatan.

Setiap pilar memiliki tujuan dan peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan akreditasi kepada sejumlah puskesmas dan bantuan peralatan kesehatan bagi Puskesmas.

Tidak hanya itu, juga tersedia pemeriksaan kesehatan gratis dan kegiatan donor darah. Antusias masyarakat sangat tinggi terhadap kegiatan ini.

Abdul Azis mengajak seluruh masyarakat Koltim untuk aktif berperan dalam membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan sekitar.

Upaya bersama ini diharapkan akan memberikan kontribusi besar bagi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Koltim. (**)


Laporan: Asrianto Daranga

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *