Pemdes Puuwonua Melalui DD Realisasikan Keinginan Warganya

Nurman, Kades Puuwonua, Kecamatan Lalonggasumeeto. (Sultan/Rakyatpostonline.com)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Klick Bacakan Berita“]

Konawe, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Puuwonua Kecamatan Lalolanggasumeto, kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, melalui Program Dana Desa di tahun anggaran 2019 pihaknya fokus di peningkatan Kesehatan, dan Peningkatan Sumber Daya Manusia, serta Pemberdayaan Masyarakat.

Menurut, Nurman Kepala Desa Puuwonua, Kecamatan Lalonggasumeeto, mengatakan bahwa Melalui Program DD di tahun anggaran 2019 ini pihaknya Fokus di bidang kesehatan dan pemberdayaan.”Ucap Kades Saat di Temui Oleh Media ini Rabu (22/01/2020) Di Kediamannya sekitar Pukul 13.00.

Jadi kata Bu Nurman Adapun Program Desa Puuwonua Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe Melalui Dana Desa (DD) Yang bersumber dari anggaran Pendapatan Belanja Negara APBN Pusat Untuk Tahun Angggaran 2019 kami telah programkanPembangunan Gedung Baru Posyandu 1 unit, dengan Ukuran 6×9 meter, ini untuk tahap ketiga (III) adapun jumlah dana yang kami anggarkan Lebih Rp.200 Juta rupiah.”Ucap Nurman Kades Puuwonua.

Selain Pembangunan baru Gedung Posyandu ada juga program lain berupa Perahu Viber sebanyak 15 Unit, dimana ukuran perahu tersebut yaitu panjang Perahu 15 meter dan lebar kurang lebih 1 meter dan pengadaan Perahu Viber ini kita bagikan kepada Para Nelayan yang kesehariannya Mencari Ikan.”Tutur, Kades Puuwonua.

Pihaknya Juga Menambahkan bahwa Ada Juga pengadaan alat Pertukangan yang di bagikan kepada 5 orang penerima mamfaat, sebab warga saya banyak yang kesehariannya bekerja sebagai Tukang Kayu, dan Tukang Batu, jadi kami bagikan alat pertukangan ini pengadaan yang kita maksud ini sudah kami bagikan ke warga yang tersebar di semua Dusun.

Nurman, Kades Puuwonua juga menerangkan bahwa ada juga pengadaan Alat Perbengkelan dimana program ini kita bagikan kepada 6 orang yang menerima sebab masyarakat Puuwonua yang saya pimpin ini khususnya Masyarakat yang kesehariannya berusaha di perbengkelan sangat membutuhkan bantuan berupa penambahan alat perbengkelannya, soalnya masih ada yang belum mampu beli Kompresor maka kita bagikan juga kompresor.

Perlu di Ketahui bahwa pengadaan alat perbengkelan dan pengadaan alat Pertungan merupakan permintaan masyarakat pada saat musrembang yang di buktikan dengan pengajuan proposal ke kepala desa Puuwonua.”Jelasnya.

Di samping itu untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pendidikan masyarakat dan meningkatkan Sember Daya Manusia (SDM) Masyarakat Desa, khususnya Warga Puuwonua ini, kami juga sudah laksanakan pelatihan bagi masyarakat kami, dan adapun pelatihan yang kami maksud adalah pelatihan Stantin, pelatihan tata cara pengelolaan Bumdes, dan Pelatihan Seskudes.” Pungkasnya.

Nurman Juga berharap bahwa dengan adanya bantuan yang sudah di programkan oleh Pemerintah Desa Puuwonua agar dipergunakan dan dimamfaatkan dengan sebaik-sebaiknya demi menopang mata pencarian masyarakat, agar juga di rawat dengan sebaik mungkin, dan juga kami harapkan bahwa yang belum tersentuh bantuan dari Program DD dan ADD agar kiranya bersabar,”Tutup Nurman. (C)

Laporan: Sultan
Publisher: Noldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *