https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Ringankan Beban Ekonomi Warga, Desa Karandu Serahkan BLT-DD Ke 109 KK

PENYERAHAN BLT DANA DESA - Agus Mujiono, SE, Kepala Desa Karandu, membagikan langsung BLT Dana Desa (DD) ke 109 Kepala Keluarga didampingi Kanit Polsek Wawotobi, Bhabinkambtibmas dan Babinsa Koramil Wawotobi 1417/02. (Dedi/Rakyatpostonline.com)


Konawe, Rakyatpostonline.com – Akhirnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa telah cair di berbagai wilayah. Keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 di desa-desa mendapatkan penyaluran perdana Rp 600 ribu perbulan, dimulai bulan April sampai Mei Juni 2020.

Agus Mujiono, SE, Kepala Desa Karandu, Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, membagikan langsung BLT Dana Desa (DD) dengan cara door to door adalah salah satu upaya pemdes karandu mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang didampingi Babinsa, Serda Roni. L Adam, Koramil Wawotobi 1417/02, Babinkamtibmas, Bripka Ihram dan Kanit Aipda Tajuddin dari Polsek Wawotobi bersama perangkat desa.

“Desa Karandu telah melakukan penyaluran BLT Dana Desa sebesar Rp 600.000 per keluarga kepada 109 KK fakir miskin untuk bulan pertama, maka pembayaran dilaksanakan secara tunai kami berikan sesua regulasi yang ada. Pelaksanaannya Selasa, (30/05/2020) kemarin,” Ungkap Agus Mujiono, Jum’at (5/6/2020).

Sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6/2020, prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 di alihkan untuk Desa Tanggap Covid-19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa secara serentak di Indonesia.

“Kami salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dengan total dana keseluruhan Rp 65.400.000 juta yang disalurkan kepada 109 keluarga fakir miskin terdampak pandemi Covid-19. Para penerima ini merupakan keluarga miskin yang selama ini belum mendapat bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lainnya,” Paparnya.

Agus Mujiono berharap, selaku Kepala Desa Karandu dan pribadi serta pemerintah desa secara kolektif, bantuan yang telah disalurkan benar-benar bisa di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga selama beberapa bulan ke depan sampai dampak Covid-19 ini dinyatakan normal kembali.

Dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Kata Kapala Desa, dirinya bersama Staf, BPD Desa Karandu telah melakukan berbagai langkah preventatif, berupa pemasangan baliho sebagai media sosialisasi dan himbauan langsung kepada masyarakat, juga melakukan penyemprotan Disinfektan ditempat umum maupun di rumah-rumah masyarakat.

“Untuk itu, saya mengingatkan kepada masyarakat Desa Karandu, tetap mengikuti intruksi pemerintah, jaga jarak, selalu cuci tangan dengan sabun dan selalu menggunakan masker jika keluar untuk beraktifitas diluar rumah,” Pungkas Agus Mujiono. (C)

Laporan: Dedi Wardani
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *