https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Desa Kasumeia, Konawe Jadi Kampung Tangguh Nasional

DESA TANGGUH - Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Drs. Yan Sultra Indra Jaya, SH bersama Kepala Penerangan Korem 143/HO, Mayor Arm Sumarsono dan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara beserta jajaran Forkopimda berharap Desa Kasumeia dapat menciptakan Desa yang mampu menanggulangi covid 19 di tengah pandemi. Kamis, (9/7/2020). (Ist/Rakyatpostonline.com)


Konawe, Rakyatpostonline.com | Desa Kasumeia, Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih sebagai desa pecontohan Kampung Tangguh Nasional. Desa yang mampu menanggulangi covid 19 serta menyiapkan bahan pangan ditengah pandemi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Penerangan Korem 143/HO Mayor Arm Sumarsono, Kamis (9/7/2020).

“Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Kasumeia, yang dipimpin oleh Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Drs. Yan Sultra Indra Jaya, SH, ini bertujuan untuk menciptakan Desa yang mampu menanggulangi covid 19 di tengah pandemi serta mampu menciptakan suasana kamtibmas yang aman dan kondusif,” terang Sumarsono.

Menurut Sumarsono dalam sambutannya, Kepala Staf Korem Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos., M.M yang mewakili Danrem 143/HO mengatakan, dengan dicanangkannya Kampung Tangguh Nusantara di Kabupaten Konawe di harapkan masyarakat disini terus menjaga kesehatan dan mengikuti anjuran protokol kesehatan sehingga terhindar dari wabah covid 19.

Lebih lanjut, Kasrem mengatakan saat ini masuk era new normal yang dirasakan terjadi kelambatan dalam ekonomi khususnya terbatasnya pangan yang akan menyebabkan gangguan kamtibmas. Oleh karenanya Kepolisian bekerja sama dengan TNI, bahu membahu membentuk kampung tangguh dengan tujuan menjadi daerah yang dapat dijadikan sumber pangan di masa pandemi Covid 19 ini.

“Ini merupakan wujud sinergitas dan kepedulian TNI – Polri beserta pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pencegahan Covid 19, dengan harapan masyarakat lebih disiplin untuk terus menjaga kesehatan dan mematuhi protokol penanganan penyebaran Coronavirus Disease serta mampu menyiapkan sumber pangan dimasa pandemi,” kata Kasrem.

Diharapkan disetiap Desa wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat mencontoh Desa Kasumeia ini. Kampung yang tangguh akan membentuk Desa yang tangguh. Desa yang tangguh akan membentuk Kecamatan yang tangguh, Kecamatan yang tangguh akan membentuk Kabupaten yang tangguh dan akhirnya menjadi Indonesia yang Tangguh.

“Kampung Tangguh harus tangguh dalam segala aspek sehinga mampu menciptakan lingkungan penuh kreasi dan inovasi dalam situasi yang tertib, aman dan kondusif,” pungkas mantan Danrindam Kodam II/Sriwijaya.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati, Gusli Topan Sabara S.T. M.M., Kasiter Korem 143/HO Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, para pejabat yang mewakili Forkopimda Sultra, OPD Kabupaten Konawe dan 150 tamu undangan. (*M. Sahrul/Penrem143)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *