Himapindo Sultra Apresiasi CV. UBP Terapkan Good Mining Practice di Sultra

Ahmad Zainul.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Kendari, Rakyatpostonline.com – Industri pertambangan merupakan salah satu industri yang memegang peranan penting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Industri ini sangat berpengaruh dalam kemajuan teknologi Indonesia dan pemasukan anggaran Negara. Dilansir dari (kemenkeu.go.id,)

Setiap perusahaan tambang idealnya wajib memiliki kaidah Good Mining baik pra maupun pasca Tambang ketika melakukan operasi pertambangan.

Khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara masih sangat minim perusahaan yang secara kaidah menerapkan Kaidah tersebut sebagai bentuk tanggung jawab guna menjaga ekosistem tetap balance

Ahmad Zainul yang menjabat ketua umum Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia Korwil Sulawesi Tenggara mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi salah satu perusahaan yakni CV unaaha Bhakti yang dalam proses pertambanganya telah berproses untuk memenuhi kaidah Good Mining Practice baik Pra maupun Pasca Tambang.

“Saya fikir hal ini perlu kita apresiasi supaya nantinya menjadi contoh baik untuk perusahaan lain agar lebih aware terhadap Ekosistem yang ada di daerah,” ucapnya, Kamis, (16/9/2021)

Lebih lanjut, Inul yang merupakan mantan aktivis HMI itu juga mengapresiasi keterlibatan putra daerah dalam direksi CV. UBP yang mayoritas merupakan pribumi di sulawesi tenggara.

“Apalagi pimpinan perusahaan ini merupakan putra daerah Sulawesi Tenggara, tentunya sebagai pengusaha lokal beliau akan berupaya semaksimal mungkin guna melakukan proses maupun regulasi pertambangan secara baik dan benar,” imbuhnya.

“Dalam menghadirkan Kaidah Good Mining Practice pihak CV Unaaha Bhakti sangat memerhatikan kaidah penambangan yang baik dengan menaati aturan dengan baik, melaksanakan konservasi, mengendalikan dan memelihara fungsi lingkungan, menjamin keselamatan kerja, mengakomodir keinginan dan partisipasi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, serta menciptakan pembangunan yang berlanjutan,” bebernya.

Pungkasnya, Alumni IAIN itu mengatakan bahwa meskipun sebagian kalangan Investasi Pertambangan merupakan kejahatan Ekonomi Nasional namun dirinya menyadari bahwa Investasi ini berperan penting menjaga stabilitas Nasional dan daerah dari segi ekonomi dan juga sosial.

“Hal ini Tentunya bukan tanpa pengawasan dirinya menyadari bahwa ada peluang untuk perusahaan melakukan proses ilegal Mining. Hal ini harus di kawal dan pemuda harus hadir untuk terus memberikan atensi kritik maupun saran bagi perbaikan investasi pertambangan,” harapnya.

Terakhir dirinya mengharapkan agar lebih banyak lagi perusahaan yang sesegera mungkin berproses membangun pondasi Kaidah good mining Practice agar iklim investasi dan dan juga keberlanjutan ekosistem bisa balance. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *