Ali Mazi Sebut Konut Daerah Kaya di Sultra, Ini Sebabnya

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]


Kendari, Rakyatpostonline.com – Kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Konawe Utara (Konut), dapat pengakuan dari orang nomor satu di Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi, menyebut Konut sebagai daerah penghasil Nikel terbesar di indonesia. Dia meminta agar potensi Konut dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan rakyat Konawe Utara.

Dalam acara Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026, di salah satu hotel Kota Kendari, Selasa (7/9/2021), Gubernur Ali Mazi menyebut Konut sebagai daerah terkaya nomor satu di Sulawesi tenggara, sebab daerah itu memiliki deposit nikel yang sangat besar cadangan nikel terbesar yakni 47 persen, dari seluruh cadangan nikel yang ada di Indonesia.

Selain itu, bumi Oheo merupakan daerah dengan potensi sumber daya alam yang sangat melimpah. Tak hanya pertambangan saja, namun juga perikanan dan dari sektor pariwisata.

“Makanya, dalam Musrenbang RPJMD Konut sangat menentukan arah pembangunan lima tahun kedepan, dimana suksesnya pembangunan sangat dipengaruhi sinergi dan kerja keras antara Pemkab dan Pemrov,” terang H. Ali Mazi.

Ia juga mengarahkan, RPJMD Konut merangkum aspirasi masyarakat atas isu-isu yang dihadapi. Penyusunannya harus dilaksanakan secara komprehensip dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.

Lanjutnya, penyusunan RPJMD adalah kewajiban bersama sebagai pelaksana pemerintah dalam mewujudkan tata kelolah pemerintahan.

Hal ini juga penting, karena seluruh elemen dapat melakukan penajaman program-program dalam mewujudkan kesejahteraan dan meningkatan layak hidup masyarakat.

“Saya harap penyusunan RPJMD dapat dilakukan sesuai dengan dokumen lainnya seperti RPJMN dan RPJMD Sultra. Penganggaran lebih fokus pada program prioritas daerah dan nasional,” Pungkasnya. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *