Pemkab Konut Anggarkan Empat Miliar Lebih untuk Program Rumah Layak Huni

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin memberikan sambutannya pada pelaksanaan pemberian simbolis Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) bagi masyarakat. Selasa (24/10/2023).

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Dalam rangka mempercepat terwujudnya program umah layak huni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), menyediakan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) bagi masyarakat.

Bantuan ini sebagai bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Pelaksanaan program BSRS merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan sebagai upaya dalam mendukung program Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrem (PPKE).

Pemkab Konut dipimpin oleh Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN. Eng, telah mengalokasikan dana BSRS yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui DPA Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman sebesar Rp4.025.000.000.

Pemkab Konut menargetkan dalam 90 hari kalender, dimulai pada tanggal 7 September hingga 5 Desember 2023, akan dibangun 40 unit bangunan baru dan 81 unit peningkatan kualitas rumah, tersebar di seluruh wilayah Konut.

Sasaran BSRS adalah warga yang termasuk dalam kategori miskin ekstrem yang belum memiliki rumah dan atau mempunyai rumah yang tidak layak huni.

Tujuannya, memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah agar mampu membangun dan meningkatkan kualitas rumah, sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman.

Program BSRS adalah salah satu kegiatan dalam pelaksanaan URC-KISS yang merupakan program unggulan Pemkab Konut dalam mengatasi tiga masalah yang saat ini menjadi fokus nasional yaitu penuntasan kemiskinan ekstrem, Inflasi dan Stunting, semuanya dilaksanakan secara selaras.


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *