https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Konsel Edukasi Pemilih Pemuda

KPU Konsel melaksanakan sosialisasi kepada pemilih Pemuda. Senin, (24/8/2020). (Julianto/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com |
Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Konawe Selatan pada 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi kepada pemilih Pemuda.

Koordinator Divisi (Kordiv) SDM dan Parmas KPU Konsel, Seni Marlina mengatakan, bahwa sosialisasi ini merupakan titik yang ke empat sebelumnya KPU Konsel juga telah melakukan sosialisasi di tiga kecamatan.

“Ini adalah titik ke empat, kemarin kita sudah lakukan sosialisasi di Kecamatan Landono, Laonti dan Konda dengan sasaran pemilih marginal dan perempuan,” Ungkap, Seni, Senin Malam (24/8/2020).

Lebih lanjut, Seni memaparkan, bahwa ada dua tahapan sosialisasi yang dilakukan KPU Konsel dimasa Pandemi ini. yakni secara tatap muka langsung dengan memperhatikan Protokol Kesehatan, dan sosialisasi secara virtual atau media sosial.

“Dua cara tahapan itulah yang kami lakukan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, dan Insha Allah pada Rabu esok KPU Konsel akan melaunching ‘Mobil Halo’ pemilih yang akan kami gencarkan sosialisasi di titik-titik ruang publik seperti pasar,” Paparnya.

Pada dasarnya dalam setiap satu periode, Pemilih pemula naik mencapai hingga 20 persen.

Sementara itu, Koordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Sultra, Al Munardin menambahkan, bahwa dirinya berharap melalui kegiatan tersebut ada pemahaman yang lebih baik dari Kelompok masyarakat pemilih Pemuda yang menjadi target sosialisasi ini. Sehingga mereka tidak ragu dalam menggunakan hak pilihnya yang kemudian bisa memberikan edukasi kepada mereka bagaimana menjadi pemilih yang baik dan benar.

“Karena pemilih yang kita butuhkan ini bukan saja persoalan tingginya partisipasi pemilih, tetapi bagaimana kualitas pemilih sendiri bisa tercapai dengan baik,” Jelas, Al Munardin.

Sementara itu, KPU Provinsi juga optimis manargetkan tingkat partisipasi pemilih di 7 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada di tahun 2020 di atas 77 persen.

“Kita berharap di Konsel, KPU nya dapat bekerja maksimal, sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat lagi meski ditengah mewabahnya virus Covid -19,” Pungkasnya. (*).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *