Prof La Ode Muh. Aslan Perkenalkan Keunggulan Produk Rumput Laut

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Kendari, Rakyatpostonline.com | Perkenalan rumput laut sebagai bahan makanan dan minuman yang menyehatkan. Di bawah penelitian Prof. Dr. Ir. La Ode Muh. Aslan, M.Sc sabagai ketua tim dan Ibu Dr. Ir. Andi Besse Patadjai, M.Sc, menggelar sosialisasi yang dilaksanakan di Restoran Ayam geprek mentari, andonohu, Sabtu (15/8/ 2020).

Peserta sosialisasi terlihat antusias untuk mendalami atau mengenal lebih jauh mengenai produk-produk turunan dari rumput laut tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk dalam sesi tanya jawab interaktif.

Ketua Tim penelitian, Prof. Dr. Ir. La Ode Muh. Aslan, M.Sc., memaparkan, Salah satu keunggulan dari rumput laut ini yakni mengandung kolagen yang memiliki fungsi sebagai sumber mineral.

“Rumput laut mengandung mineral yang baik, memiliki antioksidan dan juga omega 3. Rumput laut juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kosmetik (seperti masker), kuliner (makanan dan minuman) serta dalam bidang farmakologi,” Ungkap, La Ode Muh. Aslan.

Sehubung dengan keadaan, lebih lanjut La Ode Muh. Aslan, kondisi saat ini di tengah pandemi covid-19, Antioksidan dalam rumput laut juga dapat membantu mengurangi potensi terinveksi (penyebab covid-19), menurut salah satu hasil penelitian di Jepang dan Korea.

“Beberapa Usaha Kecil Menengah ( UKM) dikumpulkan di restoran tersebut yang merupakan salah satu pelaku usaha (Restoran Ayam geprek mentari). Restoran ini menjual beraneka ragam kue-kue tradisional yang memanfaatkan rumput laut sebagai salah satu bahannya,”Lanjutnya.

Dalam sosialisasi, ia memperkenalkan beberapa produk rumput laut yakni jalangkote rumput laut, barongko rumput laut, dan lain sebagainya. Rumput laut yang diperkenalkan merupakan rumput laut budidaya kultur jaringan jenis Eucheuma cottonii (Kappaphycus alvarezii).

“Hasil penelitian saya, yang dibudidayakan di Buton utara. Tahun ketiga dari penelitian, ini merupakan hilirisasi atau pembuatan produk-produk turunan dari rumput laut serta pemasarannya,”Ujarnya.

La Ode Muh. Aslan mengatakan, sebagai ketua tim akan menggandeng pengusaha-pengusaha kuliner untuk menjadi tim di bawah penelitian beliau dalam visi dan misi yang sama untuk membuat serta memperkenalkan, produk-produk turunan berupa minuman dan makanan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai plus yang didapatkan yaitu kaya akan rasa dan tentunya menyehatkan tubuh.

“Output dari adanya penelitian dan sosialisasi ini, berbagai macam resep produk makanan dan minuman akan disusun dalam satu buku yang selanjutnya akan dibagikan kepada pelaku-pelaku usaha (wirausaha),” Pungkasnya. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *