Sekolah Wajib Terapkan Informasi Pencegahan Covid-19

Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio.

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Kendari, Rakyatpostonline.com | Status Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam sekejap, baik sosial ekonomi pada level individual hingga komunitas yang paling kecil, sampai dengan negara bangsa. Tidak pernah ada dalam sejarah manusia modern suatu pandemi berlangsung dan menjalar secara cepat seperti Covid 19.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio memaparkan, memasuki sekolah pada era New Normal di tengah pandemi Covid-19, dunia pendidikan dituntut melakukan berbagai penyesuaian dan perubahan ketika proses belajar mengajar dimulai, termaksud memasang Imbauan Informasi Pencegahan Covid-19 digerbang sekolah maupun masing masing kelas.

“Penyiapan papan informasi atau spanduk berisi anjuran dan larangan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 sangat penting dalam meningkatkan perilaku hidup sehat siswa-siswi dan para guru ataupun tenaga pengajar,” Papar Asrun Lio, Selasa, (14/7/2020).

Protokol kesehatan yang dimaksud, meliputi pemeriksaan suhu tubuh siswa, kemudian menggalakan kebiasaan cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker selama berada di lingkungan sekolah.

“Imbauan informasi ini bertujuan untuk selalu menerapkan perilaku pola hidup sehat kepada siswa – siswi dan guru berada di lingkup sekolah,” Jelasnya.

Selain itu, Asrun Lio berharap kepada orang tua murid untuk mengedepankan durasi waktu penjemputan di sekolah, agar tidak mengalami perkumpulan dalam satu tempat. Semua aktivitas kembali seperti semula termasuk dengan pendidikan masuk sekolah, namun dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Arah dan kebijakan pemerintah juga harus disesuaikan ulang untuk orang tua siswa ketika mengantar dan menjemput anak sekolah untuk tidak berkumpul dan mengedepankan informasi imbauan di gerbang sekolah,” Pungkas, Asrun Lio. (*)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *