Pemkab Konut, TNI dan Polri Sinergi Pacu Ekselerasi Vaksinasi Covid-19

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Kolaborasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus ditingkatkan dalam rangka pencapaian target vaksinasi Covid-19. Sinergi ini diaplikasikan, terkhusus di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal inilah yang diterapkan Komando Rayon Militer (Koramil) 1417-08 Asera, Komando Distrik Militer (Kodim) 1417/Kendari, dengan melaksanakan Serbuan Vaksinasi massal Covid-19 produksi Sinovac tahap ke 1 dan ke 2 yang diberikan kepada masyarakat Kecamatan Asera di wilayah Teritorial Koramil Asera, berlangsung di halaman rumah camat asera. Selasa, (21/12/2021).

Turur hadir giat tersebut, Bupati Konut, Dr. H. Ruksamin, S.T., M.Si, IPM., ASEAN., Eng, dan Wakil Bupati Konut, H. Abu Haera, Sekda Konut, Drs. H. Muh Kasim Pagala, M.Si., Dandim 1417 Kendari Diwakili oleh Perwira Penghubung, Letkol inf Abdulla Mahua, Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum, S.I.K, bersama jajaran, Kapos BIN Daerah Konut, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Asera, Kepala Puskesmas dan para Kades masing-masing Desa.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1417/Kendari, Kolonel Inf Windarto, S.Sos., MM, Melalui Perwira Penghubung (Pabung) Konut, Letkol inf Abdulla Mahua, mengatakan, serbuan vaksinasi ini menargetkan 1000 orang untuk pemberian vaksin dosis I dan II dengan dilayani sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Ismoyo Korem 143/Haluoleo bersama nakes Puskesmas Asera dan Laronanga Pantai, berlangsung selama empat hari, dimulai pada Selasa, 21-24 Desember 2021.

”Tentunya semua pihak harus bekerjasama guna mengejar target vaksinasi khususnya wilayah Kabupaten Konawe Utara, dengan dipikul bersama. Harapannya tentu meningkatkan percepatan herd immunity di tengah masyarakat, sehingga dapat tercapai dan target persentasi terpenuhi,” Ungkap Letkol inf. Abdulla Mahua.

Disampaikan Dandim 1417/Kendari, Kolonel Inf Windarto, S.Sos., MM, melalui Perwira penghubung Konawe Utara, Letkol inf. Abdulla Mahua ke Danramil Asera, bahwa serbuan vaksinasi terus digelar di setiap wilayah masing- masing untuk pencapaian tingkat persentase yang diharapkan.

“Tahapan kegiatan suntik Vaksin tersebut diantaranya, tahap pendaftaran, tensi, screening, dan pelaksanaan Vaksin dan tahap terakhir observasi selama 30 menit sambil menunggu cetak sertifikat Vaksin dan antusias masyarakat desa se-kecamatan asera tampak terlihat,” Paparnya.

Ditempat sama, Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin mengucapkan terima kasih kepada semua unsur telibat. Banyak strategi pemerintah daerah kabupaten konawe utara dalam menggenjot target pencapaian vaksinasi, diantaranya dengan melibatkan unsur TNI, Polri, BIN, DPRD, SKPD sampai di tingkat desa, sangat berperan penting untuk mencapai realisasi vaksinasi di konawe utara.

“Dimana sebelumnya, vaksinasi dilakukan di puskesmas terdekat, namun sekarang dengan cara menjemput bola dengan mendatangi tempat keramaian, kerumah-rumah warga sampai pelosok daerah, baik warga yang ada di daratan maupun di kepulauan tidak luput dari pantauan vaksinasi team gugus tugas covid-19 Kabupaten Konawe Utara,” Papar H. Ruksamin.

Lebih jauh H. Ruksamin, bahwa capaian Vaksinasi Covid-19 per tanggal 21 Desember 2021 berada pada urutan pertama Se-Sulawesi Tenggara, dimana sebelumnya berada pada urutan kedua setelah Kota Kendari. Dengan capaian vaksinasi konut berada di angka 74,9.%. Selain zero covid, kabupaten Konawe Utara juga di tetapkan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia masuk dalam PPKM Level 1 Luar Jawa dan Bali.

“Hingga akhir tahun 2021 yakni 31 Desember 2021 capaian target vaksinasi kabupaten Konawe Utara akan mencapai 80%. Selain melibatkan Babinsa, bhabinkamtibmas juga melibatkan Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) di tingkat desa 3-4 orang untuk merekrut warga untuk vaksinasi dan tidak kalah menarik strategi yang menarik adalah dengan vaksinasi berhadiah, dan akan diundi per kecamatan pada tanggal 2 Januari 2022 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun konut,” Imbuhnya.

Bupati Konawe Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada semua stakeholder yang ada khususnya team satgas covid 19 Kabupaten konawe utara dan menghimbau kepada semua warga kabupaten Konawe Utara untuk terus waspada dan menjaga diri tetap melakukan prosedur protokol kesehatan, apalagi ada varian baru virus omicron.

“Dan tidak luput, saya selaku pemerintah daerah konawe utara, berterima kasih kepada seluruh masyarakat konut atas antusias dan partisipasi tinggi mau datang divaksin. Sehingga konawe utara mendapatkan predikat pertama di Sultra, melampaui target realisasi vaksinasi diatas 70 persen. Semua ini berkat kerjasama masyarakat konut,” Sanjung Bupati Konut.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Konawe Utara, AKBP Achmad Fathul Ulum, S.I.K, mengatakan, Polri berkomitmen target 70 persen vaksinasi akhir tahun ini bisa tercapai agar kekebalan komunal terbentuk, sehingga bisa mempertahankan kemampuan untuk mengendalikan laju Covid-19 di angka yang sudah sangat bagus.

“Dengan melibatkan semua unsur Pemerintah, TNI dan Polri, dengan harapan dalam kurun waktu ke depan sampai dengan minggu terakhir, kita betul-betul, bisa mencapai target, dan sekarang konawe utara sudah melampaui dari target 70 persen yang telah ditentukan. Tentu semua berkat kerja keras bersama,” Jelas, AKBP Achmad Fathul Ulum.

Sementara itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 1417-08 Asera, Mayor Inf. Petrus Hehakaya, menghimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir dan semakin menyadari bahwa vaksinasi ini untuk kesehatan dalam mengantipasi agar tidak mudah terpapar Covid-19. Saya juga mengajak warga yang belum divaksin agar segera datang ke lokasi vaksin. Ini bukti kepedulian pemerintah kepada rakyatnya.

“Masyarakat konawe utara yang belum melakukan vaksin segera melakukan vaksin. Karena vaksin aman dan gratis. Kegiatan ini terbuka untuk siapa saja untuk yang sudah berusia 12 tahun keatas, dengan syarat cukup membawa KTP. Ayo, dukung terus dan nyatakan diri kita sudah di Vaksin,” Pungkas Mayor Inf. Petrus Hehakaya. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!