Program “Sultra Cerdas” Gelontarkan Anggaran Rp3 Miliar di Tahun 2020

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi – Lukman Abunawas (AMAN) menggenjot Program Sultra Cerdas. (RakyatPostonline.com)


Kendari, Rakyatpostonline.com – Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi – Lukman Abunawas (AMAN) menggenjot Program Sultra Cerdas. Program beasiswa ini merupakan bagian dari visi-misi pasangan AMAN untuk bidang pendidikan dan juga bagian dari program Sultra Emas 2018-2023. Program yang di Launching pada Minggu (25/11/2018) lalu. Dalam program kegiatan ini, dikenalkan juga bentuk kartu yang akan dimiliki oleh penerima beasiswa Sultra Cerdas, yang disebut dengan KIPDA atau Kartu Indonesia Pintar Daerah.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra menganggarkan program beasiswa Sultra Cerdas di tahun 2020 sebesar Rp3 miliar. Program beasiswa Sultra Cerdas tahun ini berfokus pada program-program peningkatan kualitas guru dan Mahasiswa Sultra.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio menjelaskan Untuk tahun 2019 lalu, anggaran yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk program beasiswa Sultra Cerdas senilai Rp2,415 miliar, yang disalurkan untuk beberapa program studi, seperti kepada mahasiswa aktif di Institut Teknologi Surabaya (ITS) sebesar Rp555 juta, kepada 25 orang mahasiswa. Jum’at (7/2/2020).

“Program beasiswa Sultra Cerdas ini masih dalam proses pembuatan peraturan gubernur (Pergub). Bila nantina Pergub terkait program Sultra Cerdas telah ditetapkan, maka program tersebut segera dibuka,” Ungkap Asrun Lio.

Program yang di kemas adalah upaya Pemprov Sultra mencerdaskan anak bangsa serta meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak di Sultra. “Proses pemberian beasiswa pun dilakukan sesuai program pemerintah Sultra, karena merupakan program unggulan pasangan Gubernur dan wakil gubernur Ali Mazi-Lukmna Abunawas (AMAN) pasca dilantiknya Februari 2018,” Tambahnya.

Terlebih lagi, sebut Asrun pemerintah sudah melakukan langkah-langkah baik sebagai transparansi kepada masyarakat dengan mempublikasikan brosur beasiswa “Sultra Cerdas Untuk Semua” dan juga lewat media.

Terkait dengan besaran anggaran beasiswa dan peningkatan mutu kualitas guru, kata Asrun, untuk tahun 2020 dialokasi sebesar Rp3 miliar. akan disalurkan melalui mahasiswa, namun masih dalam proses pembuatan peraturan gubernur (Pergub).

“Terkait program Sultra Cerdas, setelah aturannya ditetapkan, maka program tersebut segera dibuka untuk tahun 2020. Sebab setiap tahun ketahun pasti mengalami berubahan, berdasarkan mata anggaran tahun berjalan. Kalau nanti kekurangan anggaran, bisa diajukan lagi pada anggaran perubahan untuk memastikan peolehan anggaran secara akumulatif di tahun 2020.” Tutup Asrun Lio saat berdiskusi kepada Tim media Rakyat Post. (A)

Laporan: Jefri
Editor: M. Sahrul

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.