Ketua PWI Sultra Dorong Wartawan Bekerja Profesional Demi Kepentingan Publik

Kolaka, Rakyatpostonline.Com – Pekerjaan wartawan adalah sebuah profesi dalam rangka memenuhi hak atas informasi masyarakat yang dijamin oleh Negara berupa kebebasan pers.

Hal tersebut disampaikan Ketua PWI Sultra, Sarjono saat dalam pidatonya pada Konferensi V PWI Kabupaten Kolaka Periode 2023-2026 di Hotel Sutan Raja Kolaka, baru-baru ini.

Kata Sarjono, ketika ada yang memilih bekerja sebagai jurnalis atau wartawan, berarti secara total memilih menyerahkan diri untuk mengabdi pada kepentingan orang lain atau publik secara umum.

Kata Sarjono, semua pihak dilarang menghalang-halangi pekerjaan wartawan untuk mencari, mengolah, dan menyebar-luaskan informasi demi kepentingan masyarakat luas.

Sarjono mengungkapkan bahwa wartawan sesungguhnya bekerja untuk kepentingan publik dan dituntut profesional dalam melaksanakan tugas melalui karya-karya jurnalistiknya.

“Kalau saya secara pribadi dan ini saya yakini teman-teman pun juga demikian kita bekerja itu adalah untuk kepentingan publik,” ungkap orang nomor satu di organisasi PWI Sultra itu.

Pria yang bergelar Sarjana Sosial dan Magister Sains itu mengatakan, wartawan dalam melaksanakan tugasnya akan selalu bersentuhan dengan orang-orang yang terlibat dalam pelayan publik, olehnya itu wartawan dituntut harus profesional dan memiliki keterampilan, serta SDM mumpuni.

“Ketemu pengusaha harus kita bisa memberi pemaparan, ketemu politisi juga harus demikian, ketemu birokrasi juga harus, intinya misi wartawan paling lengkap referensinya dan itu harus diyakini yang kita miliki ini bukan untuk kepentingan siapa, tapi untuk kepentingan publik,” terang Sarjono.

Sarjono mengharapkan agar wartawan khususnya PWI dapat eksis dalam melaksanakan tugasnya karena profesionalitas dan saling menghargai satu sama lain.

“Kalau kita ingin dihargai maka kita juga harus menghargai pihak yang lain,” imbaunya.


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *