https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Camat Palangga Bersama Masyarakat Alakaya Gotong Royong Bersihkan Bendungan Roraya

Pemerintah Kecamatan Palangga Melaksanakan Budaya Gotong Royong Membersihkan Bendungan Roraya. Minggu (2/2/2020). (Dedy/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Kesadaran masyarakat Desa Alakaya, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk menjaga kebersihan lingkungan, sepertinya mulai tinggi. Mereka gotong royong membersihkan Bendungan Roraya di Desa Alakaya, Setidaknya ratusan orang terlibat dalam pembersihan kemarin, Minggu (2/2/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin Camat Palangga, Ivan Ardiansyah dan Sekretaris Camat Palangga, Akbar abusakty, Bersama Kepala Desa Alakaya, Muh.Edwin, hadir untuk membantu gotong Royong membersikan Bendungan Roraya.

Bendungan Roraya yang sebelumnya kotor dan kumuh, oleh warga dibersihkan dengan cara gotong royong. Sebab, sungai itu adalah akses utama sumber pangairan persawahan masyarakat petani sawah.

Menurut Ivan Ardiansyah, sungai di kampungnya itu selama ini sangat kotor. Oleh warga banyak dibuat untuk membuang sampah. Sehingga, berbagai kelompok masyarakat secara bersama mencoba mengubah image bendungan yang kotor menjadi tempat yang bersih dan terhindar dari tumpukan sampah berserakan.

Dengan alat sederhana, lanjut Ivan, masyarakat menggelar kerja bakti membersihkan kotoran yang mengendap di dasar sungai. “Sepanjang aliran sungai/bendungan kotoran sampah puing puing pepohonan maupun sampah dari masyarakat ini dibersihkan, sehingga dari hulu ke hilir akan bersih,” Ungkapnya.

Ivan berharap marsayakat bisa terus bekerja sama untuk membersihkan aliran sungai Roraya itu. Pasalnya, sesuai dengan program pemerintah tentang Program Kali Bersih. “Kami ingin bersama masyarakat membangun lingkungan yang bersih dan terhindar berbagai penyakit,” Jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Alakaya, Muh.Edwin mengaku sangat senang melihat keinginan masyarakat untuk membersihkan sungai yang sebelumnya kumuh menjadi bersih. Apalagi Berbagai kelompok masyarakat di Desa Alakaya terutama dari kalangan petani melaksanakan kegiatan gotong royong selaku pengguna akses pengairan persawahan.

Edwin berharap di desa Alakaya atau di setiap wilayah bisa menciptakan lingkungan aliran sungai yang bersih. “Kami merasa bersyukur dengan minat gotong royong warga yang masih tinggi. Ini merupakan salah satu penopang untuk menuju swasembada pangan di lingkup kecamatan palangga dan terkhusus di kabupaten konawe selatan,” Papar Kepala Desa Alakaya.
Diketahui melalui kerja bakti ini sebagai sarana edukasi pada masyarakat bahwa menjaga kebersihan lingkungan memang penting. (B)

Laporan: Dedi wardani
Editor: M Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *