Survei Reakreditasi RSUD Koltim, Sekda Tekankan Peningkatan Pelayanan

Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP) melalukan survei Reakreditasi di RSUD Koltim, pada Rabu (1/11/2023)

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), kembali menjalani proses survei reakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP), pada Rabu (1/11/2023)

Kegiatan reakreditasi ini mengangkat tema “Rumah Sakit Pilihan Utama Masyarakat Kabupaten Kolaka Timur. Hadir Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir, Sekda, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, Surveyor dari LARS-DHP, Asisten 2 Sekda Koltim, Plt Kepala Dinas Kesehatan, serta Direktur RSUD bersama jajarannya.

Sekda Koltim dalam sambutannya, mengatakan bahwa ini menjadi langkah penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Ia pun menyoroti pentingnya menjaga kualitas dan mutu pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Koltim yang telah menjalani akreditasi dengan strata perdana pada tahun 2018 sesuai regulasi.

“Seharusnya survei akreditasi berikutnya dilakukan pada akhir tahun 2021, namun pandemi Covid-19 telah mengakibatkan perpanjangan hingga akhir tahun 2023,” ujarnya.

Diungkapkan, survei reakreditasi merupakan metode terbaik untuk menilai sejauh mana rumah sakit mematuhi standar operasional prosedur (SOP). Semakin banyak standar yang dipenuhi, semakin baik mutu pelayanan rumah sakit.

RSUD Koltim telah menunjukkan perbaikan dalam pelayanan sejak beroperasi hampir 10 tahun yang lalu, dengan peningkatan jumlah pasien baik rawat jalan maupun rawat inap.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pelayanan di RSUD, dengan menyediakan anggaran khusus untuk operasional rumah sakit, seperti obat-obatan, bahan medis habis pakai, oksigen, dan lainnya. Selain itu, pelatihan SDM juga diadakan secara berkala untuk menjaga mutu dan keselamatan pasien.

Kegiatan survei reakreditasi ini diharapkan akan memberikan pelajaran berharga dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSUD Koltim.

Sementara itu, Direktur RSUD Koltim, mengucapkan terima kasih Terima kasih kepada LARS-DHP yang telah menjadi mitra dalam mencapai pelayanan kesehatan dengan kualitas paripurna.

“Semoga proses survei reakreditasi ini berjalan lancar dan Allah senantiasa meridhoi segala aktivitas yang dilakukan,” tutup Direktur RSUD Koltim.


Laporan: Asrianto Daranga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *