Bendungan Diperbaiki, Petani Desa Tumbudadio Panen Melimpah

Hasil panen gabah petani pada bulan Oktober 2023 rata-rata 6,4 ton per hektar dengan harga gabah saat ini 6.500 rupiah perkilogram.

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.com – Keberadaan bendungan di Desa Tumbudadio, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), menjadi berkah bagi para petani di wilayah itu.

Apalagi dengan diperbaikinya bendungan tersebut beberapa waktu lalu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim, warga merasakan dampak signifikan yakni panen yang melimpah.

Sebelumnya, pada medio April-Mei lalu, Pemkab Koltim membantu perbaikan bendungan di desa tersebut, dengan menggunakan alat berat berupa ekskavator.

Pasalnya, luas lahan pertanian persawahan di wilayah ini sekira 800 hektar. Dengan bendung yang baik, hasil panen gabah mereka pada bulan Oktober 2023 rata-rata 6,4 ton per hektar dengan harga gabah saat ini 6.500 rupiah perkilogram.

Camat Loea, Ahmad Darwis yang juga pemilik sawah di Desa Tumbudadio, mengatakan bahwa dengan adanya perbaikan ini, masyarakat khususnya di Lorong Makassar, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Koltim, dibawah komando Plt Bupati, Abdul Azis.

“Terima kasih kepada bapak Bupati Kolaka Timur yang telah memberikan bantuan berupa perbaikan bendung yang dapat mengairi areal persawahan sekitar 800 hektar, sehingga, petani dapat mengolah areal persawahannya,” tutup Camat Loea.


Laporan: Asrianto Daranga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *