https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Pilkada 9 Desember, Wabup dan Sekda Konsel Rakor Bersama Mendagri Via Vicon

PILKADA SERENTAK - Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin dan Sekretaris Daerah Konsel, H. Sjarif Sajang mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020. (Ist/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Arsalim Arifin dan Sekretaris Kabupaten, H. Sjarif Sajang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 yang di selenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jum’at (5/6/2020).

Turut mendampingi Kadis Kominfo Konsel, Anas Mas’ud dan sejumlah pimpinan OPD. Rakor Seyogyanya akan diikuti langsung Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, namun karena sedang menjalankan tugas negara penting lainnya, sehingga menunjuk Wabup dan Sekda Konsel mengikuti rakor tersebut.

Rakor digelar melalui Video Conference (ViCon) yang dipimpin langsung Mendagri, Tito Karnavian yang diikuti 270 Kepala Daerah, yakni para Gubernur dan Bupati/Walikota serta Komisioner KPU dan Bawaslu Pusat/Kab/Kota se-Indonesia.

Dalam Vicon tersebut, yang juga di hadiri Menkopolhukam, Mahfud MD. Mendagri menyatakan dengan tegas bahwa Pilkada serentak tetap dilangsungkan pada 9 Desember 2020 mendatang walaupun ditengah pandemi covid-19. Dengan memperhatikan dan menerapkan standar protokol kesehatan saat tahapan dan pencoblosan berlangsung.

Menurutnya, bahwa Pilkada tetap dilaksanakan juga berdasarkan hasil Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR RI bersama Kemendagri, KPU, Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) beberapa waktu lalu.

Olehnya itu, Tito berharap Pemerintah di daerah membangun komunikasi dan bersinergi dengan pihak terkait lainnya agar Pemilukada berjalan dengan aman, lancar dan sukses sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, Wabup dan Sekkab Konsel senada untuk sepakat mendukung hasil rapat tersebut dan memastikan Pilkada serentak di wilayah Konsel berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan, dengan tujuan menciptakan pemilukada yang berkualitas dan kondusif serta sukses penyelenggaraannya meskipun ditengah suasana yang berbeda.

“Hasil Vicon kita laporkan ke Bupati, selanjutnya bersinergi dengan elemen penyelenggara pemilu dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama berkomitmen mensukseskan pesta demokrasi ini dan melahirkan Pemilu berkualitas,” tutur Arsalim.

Sebagai informasi, tercatat 270 daerah yang akan menyelenggarakan Pemilukada serentak di Tahun 2020 ini, yakni 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota se-Indonesia. Untuk Provinsi Sulawesi Tenggara ada 7 daerah, Kabupaten Konsel salah satunya. Bersama Muna, Wakatobi, Buton Utara, Konawe Utara, Konawe Kepulauan dan Kolaka Timur. (*)

Laporan: Dedi Wardani
Publisher: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *