Tewasnya Alm. Yus Yunus, HMI Cabang Kendari Desak Kapolri Copot Kapolda Papua

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. (Foto Istimewa)


Kendari, Rakyatpostonline.com – Kasus penganiayaan yang menewaskan sopir truk asal Sulawesi di Papua menarik perhatian publik. Yus Yunus (25) warga Polewali Mandar yang merantau ke Papua tewas diamuk massa di Jl Trans Nabire Paniai, Kabupaten Dogiyai, Minggu, 23 Februari. Dia tewas di depan personel polisi setempat. Salah satunya organisasi Tertua di Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari, mengutuk perbuatan tidak manusiawi yang dilakukan beberapa oknum masyarakat Nabire di tanah Papua.

Wakil Sekertaris Umum HMI Cabang Kendari, Enggi Indra Syahputra, mengatakan bahwa saat ini di papua tingkat kepercayaan terhadap kepolisian yang notabenenya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat telah merosot dan mandul terhadap sikap melindungi masyarakat.

Pasalnya Kita digegerkan dengan Video dimana beberapa oknum masa menyiksa seseorang sopir truk sampai merenggang nyawa ditempat dengan menyandingkan bersama hewan ternak masyarakat (Babi).

“Jika hal tersebut tidak secepatnya diselesaikan, saya takut akan terjadi konflik horizontal. Dimana konflik yang akan sangat besar sesama anak bangsa,”
Ujar Enggi Indra Syahputra oleh media ini.

Atas Insiden tersebut HMI Cabang Kendari dengan tegas menyampaikan bahwa Kapolda Papua harus siap mundur dari jabatannya. Begitu pula dengan Kapolres Nabire.

Selain itu Ketua Umum HMI Cabang Kendari, Ujang Hermawan juga mengatakan dalam video yang tersebar sangat jelas ada beberapa oknum polisi yang berada ditempat. Tapi bahkan tak mampu memberi perlindungan kepada korban penganiayaan.

“Saya bingung dengan sikap kepolisian setempat. Ada apa dengan insiden itu tidak bisa dilarai? bahkan sudah pakaian dan stelan lengkap disertai senjata, namun tak mampu berbuat apa apa ditambah lagi mereka sampai membiarkan Korban meninggal dunia tergeletak begitu saja,” Tegas, Ujang Hermawan.

Dengan adanya insiden ini, Lanjut Ujang Hermawan, kami menegaskan kepada Kapolri untuk mengambil sikap tegas terhadap bawahannya yang tidak mampu memberikan rasa keamanan dan ketertiban masyarakat. “Jika kasus tersebut tidak cepat terselesaikan dengan prosedur hukum. Bukan hanya Kapolda Papua dan Kapolres Nabire yang akan mundur. Kapolri juga wajib mundur dari jabatannya,” Tutup, Ujang Hermawan. (B)

Laporan: Sultan Bakri 
Editor: M. Sahrul

Respon (23)

  1. Sangat sangat tidak setuju dengan main hakim sendiri, tapi juga sangat sangat tidak setuju dibalas dengan main hakim sendiri, biarkan penegak hukum bekerja.

  2. wakilsekretaris HMI cabang kendari itu orang bodoh kok mau lengserkan kapolda.kapolda paoua bekerja baik biarkan kapolda bekerja jangan bikin kacau.saya tetap dukung paulus waterpauw .silahkan pak polisi dicari siapa pelakunya dan ditindak sesuai hukum RI.

  3. Awal kata, maaf bagi keluarga yg berduka. Polisi bertindak dalam koridornya. Mari kita berpikir bersama dalam situasi darurat tak terduga itu, jika polisi yg mati atau org Nabire itu yg mati, apa yg akan terjadi. Kiranya tdk ucap fitnah, silahkan datangi kantor polisi terdekat, dan bertanya agar paham ” situasi Papua “

    1. Apa bedanya papua sama kota yg lain. Kalau kriminal dimanapun tempatnya tanpa kecuali harus ditinddak. Enegak hukum jangan sampai kalah sama sipil.

  4. Ya kita sebagai anak bangsa turut berduka atas meninggalnya seorang supir truk yg meregang nyawa ditangan polisi moga ini menjadi perhatian para anak bangsa yg saat ini mengadu nasib di Daerah Papua.Sebelum ke Papua kenali dulu dan cari informasi yg dapat dipercaya seperti apa kondisinya.

  5. Saya dulu pernah jg mengalami kecelakaan, di daerah PD ungu, di th 1993 padahal korbannya selamat hanya luka, tp mobil saya dibakar abis sama orang pinggiran, untung saya lari ketengah sawah, kalo ketangkep habis saya, mudah mudahan dengan kejadian ini masyarakat di Nabire mulai belajar menghargai orang lain

  6. Pulangkan saja penjaja yang Merajalela di Tanah Papua.
    Ok Mengerti pencuri, pemerkosa, penjajah.
    Kau jangan macam 2 di tanah suci in.pegi ke tanah Jawa.

  7. Masalah yang tidak benar saja di besar- besarkan maksudnya?.. dengan Alasan Menyembunyikan pelanggaran HAM di Tanah Papua?..
    Rakyat Papua Bodoh Ok orang Indonesia Mengerti sedikit Lo
    Hoax hoax ohoax.

    1. Sebenarnya apa yg terjadi di tanah papua? Kok sampai sampai ancaman untuk masarakat jawa. Kenapa orang jawa disana? Apa dia menjajah orang papua? Terus seperti apa nantinya orang papua yg di tanah jawa? Apakah harus di ancam seperti halnya orang jawa! Jangan seperti itu sodaraku…kita anak bangsa berilah contoh yg baik.

  8. Sopirnya sdh di cek belum ada SIM nya apa tdk…??? Maaf kata sering terjadi di papua..orang pendatang yg mengadu nasib di tanah papua,sbg sopir antar kabupaten tdk memiliki SIM asal-asal sopir mobil,kadang mereka pake narkoba,miras utk menjaga stamina mereka,menurut pemahman mereka,sehingga kadang sopir2 ini lari dg kecepatan tertentu entah kejar setoran ato apalah di dlm pikiran mereka,hal ini sdh di cek belum..??? sehingga kadang dg tdk sadar mereka bahkan ada yg tabrak hewan peliharaan masy atopun masy itu sendiri,(tabrak lari) tapi tdk di publish..kejadian ini mgkn sopirnya kena apes ato salah sasaran,karena tdk mgkn masy set4 melakukan hal tsb tanpa ada kejadian2 sebelumnya..biarkan polisi bekerja sesuai SOP utk menyelidiki kejadian ini..atas dasar apa mencopot kapolri ,kapolda ,kapolres ,??? Kalo cmn bicara dan menjadi viral bukan di sini t4nya..karena kamu tdk tahu bgt berat penegak hukum bekerja di daerah konflik spt papua..ngawur kamu asal bicara…sdh berapa besar jasamu utk negara ini ??? Lain waktu klo mau komentar datang dan selidiki sendiri..jgn seenak dewe mu keluar kan stament…brova bapak kapolda papua ,bapak kapolres nabire selalu jaga kesehatan dalam menjalan tugas dan pengabdian..

  9. yg intinya polisi yg ada d TKP salh kenap si korban tdk secepat nya d aman kan, magsd nya d bawa ke kantor polisi

  10. Sebenarnya apa yg terjadi di tanah papua? Kok sampai sampai ancaman untuk masarakat jawa. Kenapa orang jawa disana? Apa dia menjajah orang papua? Terus seperti apa nantinya orang papua yg di tanah jawa? Apakah harus di ancam seperti halnya orang jawa! Jangan seperti itu sodaraku…kita anak bangsa berilah contoh yg baik.

  11. Berani merantau/mengadu nasib berati sudah siap untuk segala mcm resiko nya !!!!
    Mati hidup itu di tangan tuhan jadi apapun situasinya itu sudah di takdirkan menurut garis kehidupan masing” manusia dmna pun berada

  12. Mknya bwa kndaraan jgn ngebut”… Jd tdk bsa mghindr & antisipasi kcelakaan. Ad pnya pngaruh ap klian bru mau sruh cpot kapolda??

    1. Loe ngomong kayak kentut, sdh pastinya alm. tdk bersalah. sehingga pihaknya melaporkan langsung kepihak kepolisian terdekat.

  13. Nyinyir Loe bicara, wajarlah masyarakat tdk puas terkait masalah pelayanan,pelindung dan pengayoman masyarakat. Sebab alm. Tewas di depan polisi dan kenapa di lakukan pembiayaran.idealnya polsi laksanakan pengamanan sigap dngn membawa kekntor polisi.toh kalau memang mobil polisi dihadang dan dibakar, itu sdh permasalahan baru lagi.intinya polisiblnya TDK tegas dan mau di permainkan.

    #CopotKapoldaPapua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.