Maksimalkan Program, Camat Palangga Serahkan BPJS Ke 36 Warga Desa Wawouru

Camat Palangga, , Ivan Ardiansyah, S.Stp Menyerahkan Secara Langsung Pada Penerima BPJS Warga Desa Wawouru. (Dedi/Rakyatpostonline.com)

Konawe selatan, Rakyatpostonline.com – Baru-baru ini, Pemerintah Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Menyerahkan program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) berupa Kartu kis (Kartu Indonesia Sehat), Ke 36 orang masyarakat penerima atas manfaat, di Balai Pertemuan Desa Wawouru. (10/2019).

Penyerahan kartu tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kecamatan Palangga, Ivan Ardiansyah, S.Stp, di dampingi Sekertaris Kecamatan (Sekcam), Akbar Abusakti, SE dan Kepala Puskesmas (Kapus) Palangga, Amri, serta Kepala Desa Wawouru, Mubedi.

Camat Palangga keawak media Rakyatpostonline.com saat di wawancarai menjelaskan, Penyerahan kartu Kis tersebut adalah merupakan program pemerintah pusat bekerjasama Departemen kesehatan sejak beberapa tahun lalu, yang kemudian ditindak lanjuti oleh pemerintah provinsi, Daerah, Kecamatan hingga Pemerintah desa.

“Jadi Program ini adalah penindak lanjutan dari program pusat, dalam upaya pengentasan masyarakat miskin dalam lingkungan sosialnnya khususnya mengenai penjaminan kesehatan,” Ungkap Ipan.

PENERIMA BPJS: Foto Bersama Unsur Pemerintah Bersama Penerima BPJS di Desa Wwaouru, Konawe Selatan. (Dedi/rakyatpostonline.com)

Dirinya juga menjelaskan, penyerahan kartu kis tersebut adalah dalam rangka pemerintah kecamatan palangga memberi jaminan berupa perlindungan kesehatan agar Peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap penduduk kecamatan palangga yang terdaftar sebagai Peserta, dimana iurannya dibayar oleh Pemerintah kabupaten konawe selatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Ini salah satu program kita dengan memberikan jaminan kesehatan semaksimal mungkin, tentu tetap sesui dengan ketentuan yang berlaku,” Jelas Camat Palangga.

Ipan ardiansyah, selaku camat palangga mengharapkan, agar dalam upaya pemerintah dalam melaksanakan kewajiban menyediakan kepastian jaminan kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap penduduk, sebagaimana diamanatkan dalam program Sistem Jaminan Sosial Nasional berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dapat berjalan maksimal dan dirasakan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Kami berharap program ini betul-betul berjalan maksimal dan dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat penerimah asas manfaat.” Jelasnya di akhir wawancara.

Sementara itu, di tempat yang sama, Mubedi selaku Kepala Desa Wawouru, merasa terbantu dengan adanya program tersebut, secara langsung telah membantu semua pihak, melaksanakan salah satu misi pada roda pemerintahannya dalam upaya memberi jaminan sosial dibidang kesehatan ke masyarakatnya.

“tentu hal ini sangat membuat kami gembira dan terbantu, sebab pemerintahan desa kami juga miliki misi yang sama dibidang kesehatan,” Harap Mubedi.

Laporan: Dedi Wardani/Saldin
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.