https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Musdes Aosole dan Penyerahan BLT Dana Desa Dipimpin Langsung Camat Palangga

BLT DANA DESA - Penyerahan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Aosole di serahkan langsung oleh Camat,Ivan Adriansyah,S.S.TP dan Kepala Desa Aosole, Armini Tawulo. (Dedi/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Musyawarah Desa (Musdes), terkait validasi dan penetapan Kartu Keluarga (KK) calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang bersumber dari Dana Desa (DD), di Desa Aosole Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), di Balai Desa Aosole, dipimpin langsung oleh Camat Palangga, Ivan Adriansyah,S.S.TP, Senin (11/5/2020).

Rapat dihadiri oleh Camat Palangga, Ivan Adriansyah, S,S,TP dan kepolisian dari Polsek Palangga seluruh RT/RW, Ketua BPD dan anggota, Perangkat Desa, Babinkamtibmas, Aosole dan Babinsa, Koramil Tinaggea 1417/05, Pendamping Desa, Perangakat Desa Aosole, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Element Masyarakat.

Camat Palangga, Mengatakan pada Rakyatpostonline.com, tujuan pelaksanaan BLT dari Dana Desa ini, untuk menjaga daya beli masyarakat desa. Sasarannya, keluarga miskin yang belum tercaver Program Keluarga Harapan(PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Saat ini Kepala Desa Aosole, Harmini Tawulo, mulai menyalurkan Sebanyak 49 KK, dengan mencairkan bantuan BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) APBN tahap pertama, dimana pembagian disalurkan kepada warganya terdampak pandemi COVID 19,” Ungkap Ivan Adriansyah,S.S.TP.

Kegiatan verifikasi data KK miskin untuk Dana Desa Aosole, bersama tim verifikasi dari kecamatan, Kapolsek Palangga, Babinkamtibmas, dan bersama Tim Relawan Covid 19 Desa Aosole, BPD dan Jajaran Aparat Desa.

Kepala Desa Aosole menjelaskan, kegiatan musyawarah desa terkait BLT yang bersumber dari Dana Desa, bertujuan agar data penerima valid. Bantuan itu. per satu orang mendapat Rp 1,2 Mulai April/Mei, Bantuan tersebut tidak berkelanjutan, tetapi cuma selama 3 bulan selama Covid-19. Karena bantuan itu, di ambil dari dana desa otomatis akan mengurangi kegiatan yang lain, terutama kegiatan fisik.

“Hasil rapat penetapan warga penerima BLT ini dilaksanakan dengan musyawarah. Sehingga, apapun yang dihasilkan dalam musyawarah ini dapat diterima oleh semua pihak,” Ujar, Armini Tawulo selaku Kepala Desa Aosole.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakatnya Jikalau tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak, maka harus gunakan masker. “Selain itu menjaga jarak aman dengan orang lain atau Rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan menjaga kebersihan diri. Tetap waspada agar terhindar dari Virus Covid-19,” tutur, Harmini Tawulo.

Ditempat yang sama, Pendamping PLD Desa Aosole, Ria Nopiatun, saat di konfirmasi mengatakan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), sasaranya keluarga miskin yang belum tercover Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Untuk mendapat BLT, ada 14 kategori, diantaranya khusus untuk orang yang terdampak langsung covid 19, seperti orang di PHK dari pekerjaan, orang yang usahanya macet, orang yang menderita penyakit kronis dan orang yang tidak ada data TKSK dari Kemensos,” Papar, Ria Nopiatun. (B)

Laporan: Dedi Wardani
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *