https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Patut Diapresiasi..!! Kades Lalouesamba Bangun Balai Desa Melalui Swadaya Masyarakat

Kusnadi, Kepala Desa Lalouesamba (Jaz Hitam) saat berada di Gedung Balai Serba Guna hasil swadaya bersama masyarakat dan pemerintah desa. (Doc. M.Saldin/RP)

Konsel, rakyatpostonline.com – Berhasilnya seorang pemimpin dalam menjalankan roda pemerintahan tidak hanya dinilai melalui program pembangunan dan tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakatnya saja, namun juga dapat dilihat ketika sumber daya manusia (SDM) masyarakatnya dapat terperdaya dengan baik. Sebab jika SDM masyarakat berkembang maka program pembangunanpun akan berjalan dengan baik, Begitu yang di katakan Kusnadi Kepala Desa (Kades) Lalouesamba, Kecamatan Lalembuu, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke awak Media Rakyat Post Saat Disambangi di kediamannya baru baru ini.

Bukan isapan jempol semata, seski Desa dipimpinnya terbilang masih sangat belia di banding beberapa desa lain (8 tahun Depentive) Dan hanya memiliki jumlah 99 Kepala Keluarga (KK) saja yang
Notabenenya Bergelut dibidang pertanian, namun tidak memusnakan semangat dan antusias Kusnadi Dalam membangun Desa.

Hal ini Dibuktikan dengan berhasil Membangun Balai Serbaguna permanen yang tidak kalah megah dibanding kantor -kantor desa lain. Kades lalouesamba ini, mengungkapkan pembangunan Balai Serbaguna yang dibangunnya itu Seluas 7 × 16 meter, dan menyerap anggaran hingga kurang lebih Rp 400.000.000,- Bersumber murni swadaya masyarakat dan diselesaikan dalam kurung waktu 2 (Dua) tahun.

“Disini rata -rata mata pencarian kami hanya bertani namun begitu pembangunan Balai Serbaguna Desa kami ini anggarannya murni menggunakan Dana swadaya pak,” Ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Kusnadi keawak media mengatakan Dengan berhasilnya membangun Balai Serbaguna megah itu, Desa Lalouesamba mendapat apresiasi Dari pihak pemerintah daerah konawe selatan yang sempat menyambangi kediamannya dan masuk 10 besar kategori Desa yang memiliki Desa permanen termegah dan tertata rapih.

“Alhamdulillah.. Desa saya sempat masuk kategori 10 Desa yang bangunan Balai Serbaguna dan kantor Desa termegah,” Cetusnya.

Menurut kusnadi, keberhasilan tersebut tentu tidak terlepas dari peran dan serta Aparat pemerintah Desa dan masyarakat lalouesamba kecamatan lalembuu yang telah selama ini membantu dirinya dalam membangun Desa dan melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya selaku kepala Desa.

“ Jadi saya sangat berterimah kasih kepada aparat dan masyarakat saya pak, Sebab tanpa mereka program saya sebagai pemangku pemerintahan tentu tidak akan berjalan dengan maksimal tanpa adanya dukungan dan partisipasi besar oleh masyarakat desa lalouesamba.” Tutup Kusnadi sembari tersenyum kepada awak media.
Laporan : M. Saldin / Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *