Abdul Azis Hadiri Deklarasi Damai dan Penandatanganan NPHD Koltim

Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 dan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kabupaten Koltim, di Aula Pemda Koltim, Kamis (19/10/2023).

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.com – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis, S.H., M.H, menghadiri acara Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 dan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kabupaten Koltim, di Aula Pemda Koltim, Kamis (19/10/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Koltim, Kapolres, Ketua KPU Provinsi Sultra, Ketua Bawaslu Sultra, Ketua KPU Koltim, Ketua Bawaslu Koltim, pimpinan Parpol, serta para Caleg.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim terhadap pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Abdul Azis mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat sebagai komponen utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam konteks demokrasi.

Abdul Azis menyampaikan bahwa momen demokrasi adalah harapan dari seluruh rakyat, yang menginginkan pemilu sebagai wadah pemenuhan hak politik rakyat secara langsung, inklusif, dan demokratis.

Pemilu yang dilaksanakan harus berjalan dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, dan harus menghasilkan pemimpin nasional dan daerah yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi.

Bupati Koltim menjelaskan pentingnya peran aparat kepolisian dan dukungan TNI dalam pengawalan dan pengamanan selama proses pelaksanaan Pemilu.

Langkah antisipasi harus segera diambil di daerah rawan gangguan keamanan, untuk mencegah gangguan dan memastikan semua tahapan Pemilu berjalan aman.

Selain itu, Abdul Azis mengingatkan agar aparat Polri dan TNI tetap bersikap independen dan netral dalam proses penyelenggaraan pemilu.

Para penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu, dan Panwaslu juga diminta untuk memastikan hak politik rakyat terjamin dan terlaksana dengan baik.

Abdul Azis mengakhiri sambutannya dengan pesan agar hasil Pemilu diterima dengan baik, tanpa menyinggung pihak tertentu. Jika terdapat perbedaan pendapat tentang hasil pemilu, perbedaan tersebut harus diselesaikan dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan.

Bupati Koltim mengajak semua untuk menjaga, memelihara, dan meningkatkan rasa persaudaraan untuk menciptakan persatuan dan kesatuan, dalam upaya mencapai masa depan yang lebih makmur dan sejahtera, bagi Kabupaten Koltim dan Indonesia pada umumnya.


Laporan: Asrianto Daranga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!