Bendahara Desa Se-Kabupaten Konut Dilatih Kelola Keuangan dengan Aplikasi Siskeudes

Bupati Konawe Utara, Ruksamin memberikan sambutannya pada acara Bimtek pengelolaan keuangan berbasis aplikasi Sistem Keuangan Desa.

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kinerja pemerintah desa, di Kota Kendari, Jumat (6/10/2023).

Bimtek terlaksana bekerja sama dengan PT. Putri Dewani Mandiri, ditujukan bagi 159 orang bendahara desa se-Kabupaten Konut. Mereka dilatih dalam hal pengelolaan keuangan berbasis aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Konut, Kajari Konawe, Kepala Dinas PMD, Inspektur Daerah. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 6-8 Oktober 2023.

Bupati Konut, Ruksamin dalam sambutannya saat membuka mengatakan, mengatakan bahwa Bimtek aplikasi Siskeudes ini sangat penting karena merupakan alat bantu dalam pengelolaan keuangan desa berbasis sistem informasi.

Tujuannya yakni memudahkan pemerintah desa dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.

Dalam kesempatan ini Bupati Konut juga meningkatkan kesejahteraan aparat desa dengan menaikan gaji operator yang semula Rp800.000 menjadi Rp1.250.000 perbulannya.

Ia juga mengarahkan Kepala DPMD agar menganggarkan pakaian seragam dan laptop di tahun 2024 untuk menunjang kinerja aparat desa, hal ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Konut kepada pemerintah desa.

Bupati Konut dua periode itu jberpesan agar fasilitas yang diberikan, dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, sehingga tidak ada hambatan bagi operator desa dalam bekerja.

“Karena apabila byimtek ini diselenggarakan namun tidak ada fasilitas yang diberikan, maka sia-sia ilmu yang di dapat dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Terakhir, Ruksamin berharap kegiatan ini dapat menciptakan pemerintahan desa yang bersih, transparan, dan akuntabel. oleh karena itu, pengetahuan dan kapasitas perlu terus ditingkatkan melalui pelatihan seperti ini.

Dengan adanya pelatihan ini, maka pemerintah desa mampu menjaga keuangan semakin kuat, dan tata kelola menjadi lebih baik. Ini adalah langkah konkret dalam mendukung visi Kabupaten Konawe Utara menjadi lebih sejahtera dan berdaya saing melalui pemerintahan desa yang berkualitas.

Sementara itu, Hj Andi Mafia, SH, selaku penyelenggara kegiatan, dalam sambutannya menerangkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan para bendahara desa dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka dalam pengelolaan keuangan.

“Melalui pemahaman yang lebih baik tentang tugas-tugas mereka, diharapkan bendahara desa dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga keuangan desa agar lebih transparan, efisien, dan akuntabel,” tutupnya.


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *