Bawa Labengki Peringkat Enam Desa Wisata Nasional, Ruksamin Diberi Penghargaan

Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN Eng, berhasil mendapatkan predikat ke enam Nasional.

Jakarta, Rakyatpostonline.com – Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, menggelar acara malam apresiasi pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, di Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (24/11/2023).

Dalam ajang ini, Kabupaten Konawe Utara (Konut), menjadi satu-satunya di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berhasil menjadikan salah satu desanya yakni Labengki, masuk dalam 15 besar terbaik di Indonesia.

Desa Labengki yang kaya akan potensi baik wisata, kelautan dan perikanan, menjadi peringkat 6 dalam kategori I: Desa Sangat Tertinggal/ Tertinggal/ Berkembang.

Penentuan peringkat tersebut, berdasarkan hasil penilaian presentasi, wawancara, dan verifikasi lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Hasil Akhir Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Atas Raihan prestasi tersebut, Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin, S.T., M.Si., IPU., ASEAN. Eng, dianugerahkan piagam penghargaan Lencana Bakti Pembangunan Desa dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Halim Iskandar.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar dedikasi Bupati Konut atas komitmen dan dedikasi mendukung lomba Desa Wisata Nusantara 2023.

Halim Iskandar mengucapkan syukur, Labengki berhasil menjadi juara ke-6 pada Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang diikuti 2.007 desa wisata di Indonesia.

Ia berterima kasih kepada Ruksamin yang selalu memberi motivasi agar setiap desa memiliki keunggulan dan harus mampu bersaing di bidang apapun.

Tak lupa ia juga berterima kasih kepada Kadis DPMD Konut, Dinas Pariwisata Sultra, Dinas Pariwisata Konut, camat, Kades Labengki, penggiat wisata dan masyarakat Desa yang telah bahu-membahu menata wilayah.

“Semoga ini menjadi pelecut semangat untuk desa-desa lainnya di Konawe Utara,” ujarnya.

Sementara itu, Ruksamin mengaku bangga atas capaian ini. Menurutnya, desa wisata adalah buah dari kerja-kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut bersama masyarakat untuk memperkenalkan Labengki ke dunia luar.

Capaian ini kata dia, berkat anugerah dari Allah SWT dan sinergitas atara Pemkab Konu serta seluruh pihak untuk terus berkomitmen memajukan pariwisata.

“Saya selaku bupati, melalui media lokal bahkan nasional selalu memblow up tentang potensi yang ada di Konut, salah satunya Labengki yang juga menjadi salah satu segitiga berlian pariwisata di Konawe Utara bersama Pantai Taipa dan Permandian Air Panas Wawolesea,” ungkap H. Ruksamin.

Bupati berharap dengan ditetapkannya Labengki menjadi peringkat 6 Desa Wisata terbaik di Indonesia, dapat menstimulus desa -desa lainnya untuk menggali dan memunculkan potensi yang ada di desanya, agar tercipta masyarakat desa yang sejahtera dan berdaya saing, untuk Sultra Maju menuju Indonesia Emas 2045. (**)


Laporan: Syaifuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *