Buka Bimtek Siskeudes Versi Terbaru, Bupati Konut Imbau Kepala Desa

Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU ASEAN, Eng, bersama BPKP Sultra dan DPMD Konut usai membuka resmi Bimtek Siskeudes kepala desa se-konut, Sabtu, (20/11/2021). (*Budiman/RP)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]

Kendari, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU ASEAN, Eng, menghadiri sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) aplikasi versi terbaru didampingi Kadis DPMD Konut, beserta Kepala BPKP Sultra, digelar di hotel zenit, kota kendari, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan bimtek siskeudes ini digelar Forum Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara Bekerjasama BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara dan Dinas Pembedayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe Utara tahun 2021.

Usai membuka secara resmi, H. Ruksamin dalam sambutannya menekankan kepada seluruh kepala desa se-kabupaten Konawe utara agarkiranya pengelolaan keuangan desa mengedepankan prinsip, transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran di kabupaten konawe utara.

“Saya berharap kepada para peserta untuk kepala desa agar betul-betul mengikuti secara seksama semua materi yang di ajarkan terkait Siskeudes ini, agar tidak ada lagi Desa yang salah dalam pelaporan pengunaan dana desa,” Imbuh, H. Ruksamin.

Lebih jauh, Bupati konut dua periode ini mengingatkan agar para kepala desa selalu bersinergi dan berkordinasi kepada pemerintah daerah dalam hal ini DPMD guna mensukseskan program daerah dan program desa menuju Konawe Utara sejahtera dan berdaya saing.

“Konawe utara akan maju, kalau kita benahi dari desa sampai dengan ke kecamatan. Dengan sistem keuangannya yang maju, Insha Allah, lainnya akan termotivasi. Jangan sampai kita tertinggal dengan daerah lainnya. Oleh sebab itu mudah-mudahan kegiatan ini betul-betul dapat diikuti dengan baik dan dapat diaplikasikan saat melaksanakan tugas dalam pelaporan sistem keuangan desa,” Jelas, H. Ruksamin.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas DPMD Konut, Hj. Alisa, S.Si., M.Si, dalam Sambutannya menyampaikan, kepala desa dan peserta lainnya benar-benar memperhatikan dan serius untuk mengikuti kegiatan Bimtek ini, agar nantinya dalam pengelolaan keuangan desa tidak lagi terjadi kesalahan.

“Tujuan dari pelaksanaan ini yaitu memberikan pemahaman yang baik kepada pemerintah desa mulai dari perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan desa dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes,” Papar, Hj. Alisa, S.Si., M.Si.

Turut hadir pada kegiatan Bimtek tersebut Direktur Utama Perumda Konawe Utara, Ir. H. Yusran Taridala, SP, turut mendukung pelaksanaan kegiatan bimtek, “Kegiatan ini digelar tentunya untuk peningkatan kapasitas dan kualitas Pemdes, dalam pengelolaan keuangan desa untuk mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, transparan dan akuntabel,” papar, H. Yusran Taridala.

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai pada 19 s/d 21 November 2021, diikuti 120 desa dan operator desa dari 159 desa se-kabupaten Konawe Utara. pantauan media ini berlangsung lancar dan tetap menaati penerapan protokol kesehatan Covid-19. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *