Warga Wiawia Keluhkan Hama Wereng, Distanak Koltim Bagikan Racun Insektisida

Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak), langsung turun membantu mengendalikan hama.

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.com – Hama wereng cokelat menjadi musuh dan sangat meresahkan petani padi di Desa Wia-wia, Kecamatan Poli-polia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Atas hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak), langsung turun membantu mengendalikan hama tersebut.

Kepala Distanak Koltim, Ridwan, S.Pi, M.Siz menyampaikan, pelaksanaan pengendalian hama wereng cokelat ini dilakukan, dengan penyemprotan terhadap hama yang menyerang padi secara serentak oleh anggota kelompok tani secara gotong-royong.

Jadi petugas Distanak Koltim datang membawa racun insektisida, sementara anggota kelompok tani menyiapkan alat penyemprotnya berupa “hand sprayer”.

“Dilakukan penyemprotan secara serentak, dan biasanya dilakukan pada sore hari seperti hari ini,” ujar Ridwan, Kamis (5/10/2023).

Dijelaskan Ridwan, racun yang diberikan kepada kelompok tani ini, memang tidak diberikan perkemasan, tetapi sesuai kebutuhan di lapangan.

Dengan demikian lebih efektif dan efisien, sebab tidak ada racun tersisa yang tidak digunakan oleh petani. Adapun sisa tersebut diberikan kembali kepada kelompok lainnya yang membutuhkan.

“Dalam dalam minggu ini, penyemprotan seperti ini kita sudah dilaksanakan dua kali dalam satu minggu ini yakni tanggal 30 September kemarin dilaksanakan dengan pola yang sama di Kecamatan Ladongi,” tutupnya.


Laporan: Asrianto Daranga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *