Pemda Konsel Gelar Upacara HUT RI ke 75 Secara Terbatas dan Virtual

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com |
Untuk pertama kalinya Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75 secara fisik juga melalui virtual dengan suasana sederhana dan terbatas.

Berbeda pada tahun sebelumnya yang digelar sangat meriah dengan ratusan lebih peserta dan tamu undangan. Kali ini Upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Konsel, (17/8/2020) hanya diikuti tidak sampai 100 peserta.

Hal itu sesuai aturan protokol kesehatan akibat pandemi corona, yang bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan wabah covid-19 yang melanda dunia dan nusantara.

Pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM.

Dengan Perwira Upacara Danramil 05/Tinanggea, Kapt Inf Arifudin dan didapuk sebagai Komandan Upacara Danramil 15/Landono, Lettu Inf Alexander.

Adapun Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, S.Sos.,M.SI. dengan pembaca do’a Kepala Kemenag Konsel, Adnan Saufi, S.Pd.M.Si.

Kali ini juga ada yang beda dengan jumlah komposisi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih hanya berjumlah 8 orang dari sebelumnya 68 orang, yang berasal dari Siswa/i SMA Negeri 4 Konsel.

Kedelapan pelajar di antaranya Nurhikmah Awaliya (Pembawa Baki pada upacara di pagi hari), Aimuhajirin Ikhsan Jaya, Saifin (Penarik Bendera), Irsan (Pengikat Bendera), Ahmad Dani Valiansyah (Pembentang Bendera), Muh Alif Fitrah Susanto, Ririn Sri Wulandari, Nita Arfiani. Dengan Komandan Kompi Paskibra, Serma Agustan dari Kesatuan Koramil 1417-05 Tinanggea.

Adapun Pasukan Pengapit Paskibra, Sertu Anton Siara (Koramil 1417-04 Lainea), Serda Sixteen Jun Rajagukguk (Koramil 1417-04 Lainea), Serda Saekoni dan Sertu Jainal (Koramil-05 Tinanggea).

Bupati dikesempatan itu menyerahkan Piagam Tanda Kehormatan Presiden RI Satya Lencana Karya Satya (SLKS) yang di anugerahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si atas pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat 30 Tahun berdasarkan SK Presiden RI No 15/TK/2020.

Dan SLKS 20 Tahun dengan SK No 35/TK/2018 kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Konsel, Hj. Sitti Chadijjah, S.Sos.,M.Si, serta SLKS 10 Tahun kepada Camat Laeya, Hadismar, S.Pi berdasarkan SK No 125/TK/2019.

Selain itu, Surunuddin menyerahkan SK Pensiun dan Cinderamata kepada mantan Kadis Lingkungan Hidup, Ir. H. Burhanuddin, Asisten II Bidang H. Saala, ST.,MM, Kadis Sosial, Drs. Edwin Koodoh, dan Pensiunan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diantaranya Ni Nyoman Suastini, Sanusi, S.Pd dan Lamba.

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati, Dr. H. Arsalim Arifin, SE.,M.Si, Dandim 1417/Kendari, Letkol Kav Agus Waluyo, S.Ip, Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo, SIK, Kepala BPS Konsel, Muh Amin, SE, Ketua Pengadilan Negeri Konsel, Endra Hermawan, SH.,MH, Kajari Konsel, Apriliana Purba,SH.,MH beserta para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Berselang beberapa menit usai menggelar Upacara Fisik di Andoolo. Bupati, Wabup, Sekda dan unsur Forkopimda melanjutkan kegiatan dengan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual melalui layar lebar yang tersedia di Auditorium Lantai III Kantor Bupati. Siaran langsung dari Istana Merdeka dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.

Dari pantauan media, upacara baik saat penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih maupun secara daring berlangsung dengan khidmat, tertib, lancar dan sukses tanpa ada hambatan sedikitpun jua. Dimana peserta dan struktur Paskibra pada upacara penurunan bendera di sore hari masih sama dengan pagi tadi, hanya pembawa baki berganti ke siswi SMA 4 Negeri Konsel, Nita Arfiani.(*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *