Perayaan 17 Agustus Dipusatkan di Desa Puuwanggudu, ini Penjelasan Camat Asera

Camat Asera, Muh. Aswar Amiruddin, S.H., M.M. (*Ist)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Dua pekan depan, Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 pada 17 Agustus 2023. Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat.

Namun, bukan perkara mudah untuk memproklamirkan kemerdekaan tersebut. Ada pengorbanan besar bangsa Indonesia untuk terbebas dari penjajahan. Momentum ini tak akan terjadi tanpa serangkaian peristiwa yang melatarbelakanginya.

Memperingati hal itu, Pemerintah Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut), merayakan momentum tersebut di Desa Puuwanggudu, tak seperti tahun sebelumnya, lebih memusatkan ke lapangan kelurahan asera sebagai pusat ibu kota kecamatan asera.

Camat Asera, Muh. Aswar Amiruddin, S.H., M.M, menjelaskan kepada awak media ini mengapa meski dilaksanakan di desa puuwanggudu. Pertama, lapangan sepak bola kelurahan asera dalam tahap proses pemeliharaan, selanjutnya, desa puuwanggudu adalah bagian dari wilayah kecamatan asera.

“Biar ada pemerataan antara desa yang berada di wilayah atas, dan desa berada di wilayah Bawah. Kepala desa puuwanggudu juga sangat siap dan antusias menyambut perayaan 17 agustusan ini,” jelas Aswar.

Sekian puluh tahun Desa Puuwanggudu tidak pernah menjadi tuan rumah, Lanjut Aswar, bahwa tahun ini mereka siap untuk memeriahkan perayaan 17 agustus dan berjibaku bersama masyarakat gabungan empat desa, yakni Desa Puuwanggudu, Alaawanggudu, Wanggudu Raya dan Wunduhaka.

“Dari itu patut kita sambut serta rayakan untuk mengenang sekaligus memberikan hormat kepada pahlawan nasionalis yang membuat kita menjadi negara merdeka dan berdaulat. Mari persiapkan diri menyambut hari kemerdekaan, semangat Indonesia, mari bersama-sama menghadapi dan mendukung program pembangunan Konasara,” Tutupnya. (**)


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *