Sumaryono, Kades Mekar Jaya Tanamkan Budaya Gotong Royong Membangun Desa

MEMBANGUN DESA – Proses Pembangunan Desa Mekar jaya mengutamakan gotong royong warga. Senin, (27/04/2020). (Dedi/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa Mekar Jaya, Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, setiap melaksanakan kegiatan desa, selalu bergotong royong (Bersama bersama) sebab kegiatan gotong royong bagi desa mekar jaya masih kental diberlakukan di desa tersebut. Hal ini dilakukan guna mempererat tali persaudaraan dalam membangun sebuah kampung.

Maryono, Kepala Desa Mekar Jaya memaparkan bahwa dalam mewujudkan kelancaran jalan roda pemdes, itu sangat dibutuhkan sinergitas antara pemdes, BPD dan LPM. Sehingga, melahirkan gagasan yang cemerlang dan membangun.

“Baru-baru ini kita telah melaksanakan kegiatan di desa, yaitu rehab gedung BPD Desa Mekar Jaya. Rehab tersebut merupakan swadaya murni dari warga desa mekar jaya yang melibatkan semua elemen masyarakat,” Ucap, Maryono kepada rakyat post. Senin (27/04/2020).

Maryono, Kepala Desa Mekar Jaya bersama istri. (Dedi/Rakyatpostonline.com)

Setiap kegiatan di desa mekar jaya pada umumnya selalu di kerjakan dengan cara bergotong royong atau beramai-ramai. “Setiap kegiatan pasti kita libatkan semua Stake Holder yang ada di desa, semua elemen, semua tokoh, seperti Tokoh masyarakat, agama, pemuda, karang taruna, LPM, BPD dan lain sebagiannya tanpa terkecuali,” Beber, Sumaryono.

Sumaryono juga menambahkan selaku Kepala desa Mekar jaya tentu sangat berterima kasih kepada semua masyarakat, semua elemen, semua tokoh baik kepada TNI dan POLRI atas kersama yang baik, dan dukungan semua pihak kegiatan di desa selalu berjalan sesui harapan. Sementara sistim kerja setiap kegiatan di desa dengan cara digilir tiap Rukun Tetangga (RT), dan sementara Desa mekar jaya sendiri memiliki 10 RT, serta mempunyai 3 dusun.

“Perlu di ketahui bahwa keberhasilan membangun sebuah desa dengan cara bergotong royong adalah berkat peran dan kerja keras para perangkat desa yang di bantu oleh masyarakat serta TNI dan POLRI, dan adapun nama-nama perangkat desa kami sebagai berikut, Wahyu selaku (Ketua BPD), Hartono, S.Pd Selaku (Ketua LPM), dan Abdul Madjid, S.Ip.,M.Si selaku (BPK),” Terangnya.

Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, agar masyarakat di desa mekar jaya selalu mendengar himbauan pemerintah. “Pesan saya selaku kades tetap selalu jaga kesehatan dengan cara kebiasan rajin cuci tangan, jaga jarak, dan tetap di rumah aja (Stay Home) nanti keluar rumah bila kepentingan mendesak.” Tutupnya. (B)

Laporan: Dedi Wardani
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.