https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Inspektorat Konsel Lakukan Monitoring Dan Evaluasi Dana Desa di Kecamatan laeya

Tim monev berjumlah 4 personil yang di pimpin oleh, Muhammad Rajab, S.STP.,M.SI saat berada di Kecamatan Laeya. Selasa (11/02/2020). (Dedy/Rakyatpostonline.com)


Konawe Selatan, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal ini Inspektorat sangat berperan untuk mengawasi pengelolaan keuangan desa, serta pendayagunaan aset desa .
Selain itu, Inspektorat berperan juga melakukan pembinaan dan pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Inspektorat Konawe Selatan melakukan Monitoring Dan Evaluasi (MONEV) realisasi Dana desa di Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Selasa (11/2/2020).

Tim monev berjumlah 4 personil yang di pimpin oleh, Muhammad Rajab, S.STP.,M.SI, sebagai koordinator pemeriksa pada Badan Inspektorat Kabupaten Konawe Selatan, di dampingi, Bersama Tim anggota, Mardianti, SE.,MM, Tarmin, SE dan Muh Yusup T. S.Sos, di kecamatan laeya. Dan wewenang ini diperkuat dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 113 tahun 2014 , yang berbunyi , tentang Pengelolaan Keuangan Desa (pasal 44 ayat 2).

Sejumlah aturan yang tertera diatas, tim Inspektorat Konawe Selatan, melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dana Desa 2019, guna meninjau, mengawasi dan menangani bentuk kasus (kalau ada) yang terkait dengan Dana Desa dan membina baik pekerjaan fisik maupun administrasi di desa, adapun tempat monev di adakan dikantor Kecamatan Laeya.

Muhammad Rajab, S.STP.,M.SI, mengatakan, pihaknya terus tak hentinya melaksanakan pengawasan dan pembinaan, “Pelaksanaan kegiatan Monev ini, untuk mempertanggung jawabkan penyaluran Dana Desa dalam pengelolaannya seperti tertib administrasi, penyaluran penggunaan keuangan, mempekerjakan tenaga dan sebagainya yang menjadi sarana penunjang demi kelancaran penyaluran Dana Desa agar tidak terjadi penyimpangan,” Tegas Muhammad Rajab, saat berada di kantor kecamatan laeya.

Dalam kunjungan di desa khususnya kecamatan Laeya, Tim melakukan Cek fisik dan pencapaian pembangunan infrastruktur yang menggunakan anggaran Dana desa tahun anggaran 2019 yang di laksanakan oleh pemerintah desa setempat beserta Tim pelaksana kegiatan (TPK) dan Badan Pemerintahan Desa ( BPD).

Ditempat yang sama, Hal senada di ungkapkan oleh Hadismar S.PI, kepala kecamatan laeya, mengatakan kepada media Rakyat Post, Pemerintah Kecamatan Laeya dan seluruh masyarakat Desa sangat menyambut baik atas kedatangan Tim monev dari inspektorat Kabupaten Konsel, dengan evaluasi dan arahan yang di berikan olh Tim monev,

“Kami sangat terbantu baik secara moril maupun spirit dalam melakukan hal yang terbaik dalam pembanguna Desa kami, semoga apa yang menjadi harapan kita bersama untuk membangun Desa Maju, Konsel Hebat menuju perubahan nyata untuk lebih baik lagi, harap Hadismar S.PI.

Tim Monev melaksanakan pemeriksaan dokumen secara terperinci. Setelah pengecekan dokumen, dilanjutkan pengecekan fisik ke lapangan untuk mendapatkan kesesuaian rencana anggaran biaya yang dicanangkan dengan keadaan fisiknya. Fokus pemeriksaan mengarah pada anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2019 khususnya di kecamatan laeya. (B)

Laporan: Dedi Wardani
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *