Peringati Hari Pahlawan SMPN 1 Andowia Gelar Upacara Berbusana Perjuangan

Ratusan siswa-siswi Berbusana pahlawan gelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023. Jumat (10/11/2023). 

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – SMP Negeri 1 Andowia, Konawe Utara, menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023 dengan cara yang berbeda. Ratusan siswa dari kelas VII hingga kelas X, serta segenap guru maupun staf mengenakan busana perjuangan dan juga melakukan senam kolosal. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah SMPN 1 Andowia, Jumat (10/11/2023).

Upacara dipimpin langsung Kepala Sekolah SMPN 1 Andowia, Sekh Ahmad, S.Pd, para siswa-siswinya tidak hanya menggunakan busana pahlawan saja, namun juga mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman sekolah.

“Kegiatan ini sebagai penggambaran napak tilas perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang terpusat di Jawa Timur, khususnya di Surabaya,” Ungkap Sekh Ahmad.

Lebih lanjut, Sekh Ahmad, menuturkan bahwa dalam peringatan Hari Pahlawan ini melibatkan seluruh pelajar SMPN 1 Andowia dan merupakan ide dari para pelajar OSIS. Mereka ingin memperingati Hari Pahlawan dengan cara yang lebih berkesan dan berbeda. Pada saat jam pelajaran pun, diharapkan anak – anak tetap memakai busana pahlawan.

“Karena ini sangat berdampak terhadap nilai – nilai semangat kepahlawanan di dunia pendidikan. Senang bisa merealisasikan ide anak didik untuk memperingati hari pahlawan yang beda. Pengalaman mengenakan busana kepahlawanan adalah pengalaman yang menarik dan berkesan,” jelasnya.

Sekh Ahmad berharap kegiatan yang positif. Pihaknya sangat mendukung ide dari anak untuk tampil beda saat memperingati hari pahlawan 10 november. Dengan kegiatan ini anak-anak dapat meneladani perjuangan para pahlawan.

“Harapan saya semoga anak-anak memahami perjuangan pahlawan terdahulu,” pungkasnya.

Aura Kasih, wakil ketua OSIS yang duduk di kelas 8 SMPN 1 Andowia pun ikut memberikan komentarnya di Hari Pahlawan ini dia mengaku senang dengan memakai baju lurik khas Jawa yang dikenakannya,” Tutupnya. (**)


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *