Screening Kesehatan Siswa SMPN 1 Andowia Gandeng Puskesmas Andowia

SMPN 1 Andowia bersama Puskesmas Andowia Screening Kesehatan Siswa.

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – SMP Negeri 1 Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam menjalankan program sekolah. Salah satunya dengan Puskesmas Andowia, sebagai unit Kesehatan terdekat guna menjalin hubungan baik dalam program-program Kesehatan.

Kepala sekolah SMPN 1 Andowia, Sekh Ahmad mengatakan, Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

“Petugas Kesehatan dari Puskesmas Andowia melakukan Screening secara menyeluruh terhadap semua siswa. Adapun proses rangkaian Screening meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut,” Ungkap Sekh Ahmad. 27 Maret 2023.

Sementara itu, petugas Kesehatan puskesmas andowia, Fitri mewakili rekan-rekannya menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini adalah melakukan scrining Kesehatan siswa diantaranya pengukuran berat badan, tinggi badan, THT, pemeriksaan kejiwaan, scrining pengguna rokok, pemberian obat fe/penambah darah untuk remaja putri untuk seluruh jenjang kelas 7.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar dapat mendeteksi sejak awal jika terjadi masalah Kesehatan pada siswa-siswi dan program ini akan terus berlanjut dalam bentuk kontrol dan monitoring pada kegiatan selanjutnya,” Jelas Fitri.

Kegiatan ini sangat baik dan kedepannya bisa ditingkatkan dengan program-program lainnya misalnya adanya pelatihan terhadap kader Kesehatan remaja (KKS) tentang pertolongan pertama terhadap kecelakaan. (**)


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *