SMPN 1 Andowia Bersama KKN MD-MBKM UHO Gelar Lomba Pidato Antar Siswa

Foto bersama Kepala Sekolah, Sekh Ahmad bersama jajaran SMPN 1 Andowia dan KKN MD-MBKM Gelar Lomba Pidato Antar Siswa.

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) membangun desa Merdeka belajar kampus Merdeka Universitas Halu Oleo atau lebih singkatnya dikenal dengan istilah KKN-MD-MBKM menjadi pintu mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat mengaplikasikan apa yang mereka dapat di bangku perkuliahan.

Salah satu program kerja yang dilaksanakan adalah terselenggaranya lomba pidato Tingkat SMPN 1 Andowia yang diadakan oleh Mahasiswa KKN-MD-MBKM Halu Oleo. 3 April 2023.

Kepala Sekolah SMPN 1 Andowia, Sekh Ahmad, S.Pd menyambut baik kegiatan ini karena dianggap mampu mengembangkan kemampuan siswa terkhusus di public speaking skill yang merupakan sebuah keterampilan penting yang sangat perlu dikuasai di era saat ini.

“Apresiasi kepada rekan-rekan mahasiswa yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini dimana ini sebuah bentuk dedikasi mahasiswa terhadap Pendidikan bangsa terkhusus anak usia dini,” ungkap Sekh Ahmad dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan lomba pidato dengan tema “Peran Generasi Muda dalam Menanggapi Permasalahan Sosial.

Latar belakang berlangsungnya kegiatan lomba pidato di smp 1 andowia selain untuk memenuhi program kerja kuliah kerja nyata yang berhubungan dengan mata kuliah kritik teks komunikasi, melihat dan mengetahui kemampuan adik-adik dalam menyampaikan kritik dihadapan umum.

“Kami mengambil tema lomba pun dengan alasan agar adik-adik di smp 1 andowia mengetahui apa yang biasa atau sedang didebatkan di Masyarakat tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui seberapa mampu adik-adik smp 1 andowia dalam menyampaikan kritik di depan umum,” Gladys Septine Irene salah satu Mahasiswi KKN-MD-MBKM Universitas Halu Oleo jurusan ilmu komunikasi.

Partisipasi siswa-siswi di SMPN 1 Andowia bisa dibilang sangat tinggi karena tiap kelas mampu memberikan perwakilan untuk ikut serta memeriahkan kegiatan lomba pidato ini, sebagai salah satu program kerja dari kelompok kami.

“Kami merasa sangat bersyukur dan berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan di SMPN 1 Andowia, hal tersebut adalah hal yang sangat berkesan bagi kami untuk bisa bersama-sama dengan keluarga smp 1 andowia melaksanakan kegiatan program kerja kami.” Ungkap Gladys Septine  yang juga selaku ketua pelaksana kegiatan .

Hasil penjurian lomba pidato yang dilakukan oleh juri Sainuddin, S.Pd, Uniati, S. Pd, serta satu juri perwakilan mahasiswa KKN-MB-MBKM yaitu Riski Pratama mahasiswa jurusan administrasi negara memngumumkan 5 kategori pemenang dimana juara 1 diraih oleh Syahratus Sita kelas 8D, juara 2 Nur Al Jannah kelas 9D, juara 3 Nur Azizah kelas 8C, harapan 1 Keiza Hawani kelas 7B dan harapan 2 Ilham Baharsyah dari kelas 9B.

“Sama dengan harapan pak KS saya sangat berharap kemampuan public speaking siswa meningkatkan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan seperti ini”, ungkap Sainuddin, S. Pd yang juga merupakan guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Andowia . (**)


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *