https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Warning Tupoksi Kades, Bupati Konawe Lantik 123 Kades Terpilih

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, melantik 123 Kepala Desa terpilih hasil pemilihan Kades serentak 2019 lalu di Gedung Wekoila, Senin (10/2/2020). (M. Sahrul/Rakyatpostonline.com)


Konawe, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara, Kery Saiful Konggoasa, melantik dan mengambil sumpah janji jabatan Kepala Desa sebanyak 123 orang, periode 2020-2026, hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Di gedung Wekoila. Senin (10/2/2020).

Dalam pelantikan tersebut, Kery Saiful Konggoasa, menyampaikan beberapa pesan khusus, meminta para kades secepatnya melakukan konsolidasi untuk membangun desa bersama dengan seluruh elemen di masyarakat desa.

“Saya sampaikan pada pelantikan ini, ada perbedaan dalam pemilihan calon, masyarakat yang terbelah agar segera disatukan kembali. Tidak boleh ada perpecahan karena harus segera membangun desa bersama-sama,” Imbuhnya.

Kepada Kepala Desa yang baru dilantik, selalu menjalankan tertib pemerintahan, tertib administrasi, tertib anggaran dan tertib aturan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan di desa.

“Lakukanlah koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait dan instansi pembina serta pengawas, khususnya terhadap kebijakan yang akan dibuat,” tambah dia.

Menurut Mantan Ketua DPRD Konawe itu, jabatan yang diemban merupakan kepercayaan dan amanah, yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara dan masyarakat. Untuk itu, hendaknya harus selalu diperhatikan dan harus selalu diingat berbagai ketentuan yang memuat kewajiban serta larangan sebagai Kepala Desa ataupun sebagai Aparat desa.

“Pada hari ini, kita melantik kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak 2019, dan sebelumnya kita juga sudah meresmikan keanggotaan BPD terpilih dari serangkaian pengisian anggota BPD di Kabupaten Konawe, yang keanggotaannya juga di pilih secara langsung dan demokratis oleh masyarakat desa,” Pungkasnya.

Dikatakan, proses pemilihan kepala desa serentak yang baru dilaksanakan tersebut bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar, serta mendapatkan antusiasme dan partisipasi masyarakat yang tinggi.

Demikian pula, dengan rangkaian pelaksanaan pemilihan ujung tombak kepemimpinan didesa, membuktikan bahwa masyarakat kita di Kabupaten Konawe sudah semakin matang dan cerdas dalam berdemokrasi.

Bupati juga menegaskan sebagai kepala desa dan anggota BPD terpilih, akan dituntut kinerja dan tanggung jawabnya dalam menjalankan dan melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang sebagai kepala desa dan anggota BPD dengan lebih baik seperti yang diharapkan dan diamanahkan undang undang beserta warga desa yang memilihnya.

“Kepala Desa dan BPD harus dapat saling menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik. Demikian juga komunikasi dan kerjasama dengan para alim ulama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta lembaga dan unsur masyarakat lainnya di desa baik itu dalam berdiskusi, merumuskan dan melaksanakan agenda pemerintahan, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di desa,” Jelasnya.

Sebagai proses demokrasi politik di tingkat desa, pemilihan kepala desa harus dimaknai sebagai sebuah proses awal dalam mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera, maju dan mandiri.

“Saya berharap juga agar bekal yang diberikan tersebut dapat dimengerti dan dijalankan dengan baik, khususnya yang menjadi tugas, fungsi, kewajiban dan kewenangan seperti diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” Tutup Kery Saiful Konggoasa.

Dalam pelantikan ini turut hadir, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, Ketua DPRD Konawe, Ardin beserta Anggota, Forkopimda, Sekda Konawe, Ferdinand, Para Asisten, Pimpinan SKPD, Ketua Tim Penggerak PKK, Para Kabag, Camat, dan Seluruh Kepala Desa Terpilih. Pasalnya setelah pelantikan Kades terpilih ini juga dilaksanakan pelantikan Ketua TP PKK Desa yang dalam hal ini dijabat oleh istri Kades terpilih. (A)

(Rakyatpostonline.com/ M. Sahrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *