Daerah  

Kawasan Hutan Lindung “Way Kambas” Lamtim Kembali Terbakar

Hutan Lindung Way Kambas Lampung Timur Kembali Terbakar. (Feru/Rakyatpostonline.com)

Lampung Timur, Rakyatpostonline.com – Untuk ke sekian kalinya, kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Lampung Timur (Lamtim) kembali terbakar, Minggu, 29 September 2019.

Anggota TNI, Polri, Balai TNWK dan masyarakat berjibaku memadamkan api.

“Kemarin sore memang terjadi kebakaran. Luas wilayah yang terbakar belum diketahui, karena pihak balai dan lainnya hari ini masih mengecek apakah masih terdapat api. Kami tidak serta merta mengetahui, jadi kami cek dulu. Kalau ada apinya kami padamkan, kemudian diukur luas kebakarannya,” kata Humas TNWK Lamtim, Sukatmoko, saat dihubungi tim Rakyatpostonline.com. Senin, (30/9/2019)

Dia menyebutkan, peristiwa kebakaran hutan TNWK terhitung sejak Januari hingga September 2019 terjadi seluas 729 hektare.

Sejauh ini belum ditemukan bangkai satwa yang mati terbakar.

“Kalau hewan yang hangus terbakar tidak tahu,” ujar Sukatmoko.

Penanganan TNWK terbakar dilakukan pihak Balai TNWK dengan semampunya dan peralatan yang ada.

Balai TNWK menggunakan tiga unit mobil tangki. Untuk tangki gendong masih terbatas. Personel yang sangat intensif adalah TNI dan Polri, serta dibantu masyarakat sekitar.

“Penyebab kebakaran, kita masih menduga adalah perbuatan dan ulah manusia tidak bertanggung jawab. Namun kami tidak dapat menyimpulkan tujuannya apa,” jelas Sukatmoko. (B)

Laporan: Feru Zabadi
Editor: M. Sahrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *