Tangani Kemiskinan Ekstrem, Dinsos Konut Serahkan Bantuan Ke 157 Kube

Kepala Dinas Sosial, Nafsahu, S.Sos bersama Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Risal, S.Pd., MM, menyerahkan secara simbolis kepada penerima bantuan kube.

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Pemkab Konut), melalui Dinas Sosial (Dinsos) Konut, berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat di bumi oheo. Hal itu terbukti sebanyak 157 Kelompok Usaha Bersama (Kube), keluarga fakir miskin tersebar di 13 kecamatan mendapatkan bantuan tahun anggaran 2023.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial (Pemsos), Risal, S.Pd., MM, mengatakan, penyerahan bantuan ke 157 Kube untuk masyarakat kategori miskin tahun 2023 diantaranya berupa bantuan pertukangan, perbengkelan, mesin jahit, mesin chinsaw, mesin parut sagu, mesin parut kelapa, mesin somel dan mesin penyedot pasir.

Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara menyerahkan langsung bantuan kepada penerima Kelompok Usaha Bersama.

“Kami sangat berharap melalui bantuan ini, seluruh anggota Kube dapat lebih berdaya, dan pendapatan jadi meningkat sehingga keluarganya bisa menjadi lebih sejahtera. Manfaatkan serta kelola lah bantuan ini dengan baik, terukur dan terarah serta memiliki manfaat dalam meningkatkan taraf hidup penerima bantuan,” kata Risal. Jumat (08/09/2023).

Bantuan Kube berupa modal usaha dalam bentuk barang, nilai tidak kolektif, maksimal senilai Rp 15 juta sesuai usulan yang dibutuhkan oleh kelompok penerima. Dengan jumlah per kelompok sebanyak 5 orang atau lebih dari itu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Risal, S.Pd., MM, disaksikan Kepala Dinas Sosial, Nafsahu, S.Sos menyerahkan langsung bantuan perbengkelan.

“Kenapa kita berikan dalam bentuk barang, agar dana yang kita berikan benar-benar untuk usaha. Bukan dialihkan ke yang lain. Adapun jenis usaha yang dijalankan oleh kelompok usaha dalam program Kube ini meliputi perdagangan sembako, otomotif, pertanian, perikanan, budidaya dan peternakan,” paparnya.

Selain itu, Risal berpesan kepada para pendamping Kube agar dapat memberikan arahan penerima dalam menjalankan usahanya dengan sungguh-sungguh. Carikan solusi jika anggota Kube mengalami kendala atau masalah dalam mengahadapi sistem pengelolaannya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Risal, S.Pd., MM, menyerahkan langsung bantuan mesin jahit.

“Karena salah satu faktor keberhasilan Kube juga ditentukan oleh aktif tidaknya pendamping Kube dalam mendampingi kelompok binaannya. Optimalkan bantuan yang telah diberikan dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi dan penanggulan kemiskinan ekstrim dan inflasi di konawe utara,” pungkas Risal. (**)


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *