Rakor URC-KISS Digelar Demi Maksimalkan Penuntasan Tiga Masalah Nasional

Rapat Koordinasi Unit Reaksi Cepat Pengendalian Kemiskinan Ekstrem, Inflasi, dan Stunting Secara Selaras (KISS), di kota Kendari, Senin (26/6/2023).

Kendari, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Reaksi Cepat (URC) Pengendalian Kemiskinan Ekstrem, Inflasi, dan Stunting Secara Selaras (KISS), di kota Kendari, Senin (26/6/2023).

Turut hadir Ketua DPRD Konut, Ikbar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD antara lain Kepala Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan lain-lain.

Hadir pula kepala bagian, para camat, kepala Puskesmas, serta semua perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Konut.

Bupati Konut, Ruksamin menyampaikan bahwa program penanganan tiga masalah nasional yakni penghapusan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, dan penurunan stunting, tidak dapat dilakukan oleh pemerintah daerah saja.

“Semua harus terlibat, kita full power. Saya yakin dengan strategi ini semua akan tercapai. Dengan keterlibatan kita semua saya percaya kemiskinan ekstrem akan angka tangan, stunting akan lari terbirit-birit dan inflasi akan klepek-klepek,” ujar Ruksamin.

Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Konut Nomor 8 Tahun 2023 tentang pembentukan URC-KISS, memberikan ruang kontribusi setiap unsur pemangku kepentingan dalam menangani kemiskinan ekstrem, inflasi, dan stunting di daerah, melalui penunjukan bapak asuh URC-KISS di setiap kecamatan.

Oleh karena itu, Ruksamin mengajak semua pihak terkait antara pemerintah, lembaga, serta pihak perusahaan, bersama-sama berkontribusi dalam rangka menyukseskan program pemerintah, untuk penanganan permasalahan tersebut.

“Pemerintah daerah optimis bahwa Program URC KISS ini akan berjalan sukses sesuai yang kita harapkan, sehingga permasalahan yang kita hadapi saat ini yakni kemiskinan ekstrem, inflasi, dan stunting akan segera teratasi,” jelasnya. (**)


Laporan: Syaifuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *