Dinsos Konut Mendayagunakan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial

Kepala Dinas Sosial, Nafsahu, S.Sos. (*Rul)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemberdayaan Sosial pada hakekatnya merupakan proses menumbuhkan, membangun, memperluas, mengembangkan dan mendayagunakan potensi dan sumber kesejahteraan sosial secara berkelanjutan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara, Nafsahu, S.Sos, menjelaskan program Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat pada peningkatan pemberdayaan potensi sosial dan kesejahteraan sosial akan terus ditingkatkan di konawe utara.

Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara bersama TNI dan Polri beserta jajarannya menyerahkan paket sembako kepada masyarakat penerima. (*Rul)

Menurutnya, program yang saat ini berlangsung sistem kerja sama antara keperangkatan pelayanan sosial di akar rumput yang terdiri dari kelompok usaha bersama, lembaga maupun jaringan pendukungnya.

“Program kelembagaan sosial komunitas lokal baik yang tumbuh melalui proses alamiah dan tradisional maupun kelompok yang dibentuk dan dikembangkan oleh masyarakat pada tingkat lokal, sehingga dapat menumbuhkan sinergi dalam pelaksanaan tugas di bidang usaha kesejahteraan sosial,” kata Nafsahu, Rabu,(06/09/2023).

Ribuan paket sembilan bahan pokok (sembako) berupa beras, minyak goreng, gula pasir, kopi, teh, telur dan lain sebagainya disalurkan Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara kepada penerima masyarakat kurang mampu. (*Rul)

Selain itu, Nafsahu menjelaskan program peningkatan pemberdayaan potensi sosial dan kesejahteraan sosial ini sudah diterapkan pemerintah kabupaten konawe utara, baik ditingkat keluarga tidak mampu, kelompok masyarakat dan pranata sosial agar mampu berperan aktif dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat konut.

Penandatanganan penerimaan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu oleh Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara. (*Rul)

“Saat ini paradigmanya sudah diubah atau diganti dengan berbagai macam program pemerintah yang sekarang dinamakan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Kelompok Usaha Bersama (Kube), program bantuan disabilitas, bantuan lansia, dan sebagainya, inilah yang akan kita genjot kembali melakukan verifikasi dan validasi data,” Jelasnya.

Dinas Sosial kolaborasi kwarcab konut membagikan paket sembako kepada masyarakat penerima. (*Rul)

Program yang ada di dinas sosial dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sharing informasi terkait pengelolaan dan pengembangan kegiatan, berupa bantuan sembako untuk mendorong pengentasan kemiskinan ekstrem sesuai arahan bupati konawe utara, H. Ruksamin, mengsukseskan program nasional. (**)


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *