157 Kelompok Usaha di Konut Terima Bantuan Dinsos

Ilustrasi Kune.

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Sebanyak 157 Kelompok Usaha Bersama (Kube) untuk kategori fakir miskin tersebar di 13 kecamatan se Kabupaten Konawe Utara menerima bantuan dari Dinas Sosial Konawe Utara tahun 2023, guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial Dinsos Konut Rizal mengatakan, jenis bantuan pada 157 Kube untuk masyarakat kategori miskin berupa alat pertukangan, perbengkelan, mesin jahit, mesin “chinsaw”, mesin parut sagu, mesin parut kelapa, mesin somel dan mesin penyedot pasir.

“Melalui bantuan ini, kami berharap, seluruh anggota Kube dapat lebih berdaya guna dalam meningkatan pendapatan sehingga keluarga dapat lebih sejahtera. Penerima bantuan juga diimbau, untuk mengelola bantuan itu dengan baik, terarah dan terukur serta memiliki manfaat dalam meningkatkan tarah hidup yang lebih baik,”ungkap Rizal.

Menurut Rizal, bantuan Kube usaha diberikan dalam bentuk barang, nilai tidak kolektif, maksimal sebesar Rp 15 juta sesuai usulan yang dibutuhkan oleh kelompok penerima, dengan jumlah anggota perkelompok bisa lebih dari 5 orang.

Kepada pendamping program Kube, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Konut Rizal berpesan, dapat memberikan arahan kepada penerima bantuan dalam menjalankan usahanya dengan sungguh-sungguh. Carikan solusi jika anggota KUBE mengalami kendala dalam menghadapi sistem pengelolaannya.

Sebab salah satu faktor keberhasilan program Kube yaitu jika pendamping KUBE aktif dalam mendampingi kelompok binaannya. Selain itu, dengan dioptimalkannya bantuan tersebut, dapat memperkuat ketahanan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan ekstrim dan inflasi di Konut. (**)


Laporan: Syaifuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *