TK Miftahul Jannah Az-Zahra, Desa Wunduhaka Tanamkan Karakter Anak Didik

Salah seorang anak didik TK Miftahul Jannah Az-Zahra menghapalkan Pancasila di depan Wabup dan Ketua DPRD Konut pada perayaan pembukaan Porseni HUT Ke-78 RI tingkat kecamatan asera. (**)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Bakat anak yang menonjol pasti akan membuat orang tua senang. Jika dikembangkan dengan benar, bakat anak pada umumnya akan menjadikannya sukses di masa depan dengan adanya pembentukan karakter sejak dini.

Hal inilah yang diterapkan Taman Kanak-kanak (TK) Miftahul Jannah Az-Zahra, yang terletak di Desa Wunduhaka, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Terus memberikan ruang riang dalam proses pembelajaran.

“Model pembelajaran pembiasaan anak yang semakin kuat melalui kegiatan bermain asah, asih dan asuh. Melalui model pembelajaran ini, guru dapat melaksanakan pembelajaran pembiasaan yang efektif untuk pembentukan karakter sejak dini,” Ungkap Kepala Sekolah TK Miftahul Jannah Az-Zahra, Sitti Halimah, S.Pd. Kamis, (31/08/2023).

Guru TK Miftahul Jannah Az-Zahra berperan sebagai sumber informasi dalam memberikan pengetahuan pada anak usia dini, memberi contoh dalam perbuatan, perkataan, dan berpakaian, serta pendamping dan fasilitator untuk anak selama proses pembelajaran.

“Orang tua terkadang lupa, bahwa setiap anak mempunyai bakat dan kesuksesannya masing-masing. Sebenarnya bakat seorang anak bisa dikenali dari hal sederhana seperti dari pelajaran anak TK, model pembelajaran ini dibentuk guna mengasah potensi anak,” Imbaunya.

Diketahui, TK Miftahul Jannah Az-Zahra telah ikut ambil bagian memeriahkan barisan defile pelaksanaan pembukaan pekan olahraga dan seni (porseni) tingkat kecamatan asera di lapangan ululipi, desa puuwanggudu pada selasa, 22 Agustus 2023.

“Pada perayaan pembukaan porseni tingkat kecamatan asera itu, kita tampilkan bakat anak di depan wakil bupati konut, bapak H. Abuhaera dan Ketua DPRD Konut, Bapak Ikbar, dengan menghapalkan pancasila. Alhamdulillah, pengenalan pancasila kepada anak didik sudah diterapkan sejak dini,” Papar Sitti Halimah, S.Pd.

Untuk diketahui, TK Miftahul Jannah didirikan pada Juni 2022 dan sudah berusia 1 tahun 6 bulan. Jumlah anak didik 30 orang dan 5 orang guru. Meskipun sarana bermain terbatas di sekolah taman kanak-kanak ini, namun tidak mengendurkan semangat dalam proses pembelajaran dan pengembangan potensi anak. (**)


Laporan: Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *