Pulihkan Ekonomi, Desa Puuwanggudu Perkuat Sektor Pertanian

Kepala Desa Puuwanggudu, Jumran Amin menyerahkan bantuan Mesin Rumput dan Racun Rumput kepada masing-masing perwakilan kelompok tani.**

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Pemerintah Desa Puuwanggudu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) optimistis sektor pertanian mampu mendukung pemulihan ekonomi di tengah pandemi covid-19. Terbukti selama pandemi, sektor pertanian tumbuh positif di saat sektor lain mengalami kontraksi.

Kepala Desa Puuwanggudu, Jumran Amin mengatakan, pertanian juga dinilai sumber utama PDB serta sumber ekonomi petani kebun di desanya, karena mampu membuka lapangan kerja secara luas maupun memberikan produktifitas petani di masa pandemi.

“Mengingat sejauh ini, sektor pertanian desa puuwanggudu mampu mendorong ketahanan dan kedaulatan pangan secara cepat, serta mampu menyiapkan ketersediaan sarana dan prasarana dalam menghadapi kemungkinan adanya ancaman krisis pangan, serta memperkuat di bidang pertanian di desa,” Ucap Jumran. Sabtu, (15/01/2022).

Pertanian merupakan salah satu sektor kunci untuk mendukung perekonomian, terutama untuk mendorong ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. Mengingat hal itu, Jumran Amin turut merangsang petani guna memberikan mesin pemotong rumput 6 unit, tangki penyemprot rumput 5 unit dan racun rumput 146 botol/liter di bagi 5 kelompok tani perwakilan.

“Diantaranya kelompok yang mendapatkan secara menyuluruh, yakni kelompok tani wawombo, kelompok tani asaki bangkit, kelompok tani waturai, kelompok tani tani jaya dan kelompok tani tani maju,” Paparnya.

Pengadaan racun rumput ini bersumber dari anggaran dana desa (dd) 2021 yang telah dikucurkan senilai Rp40 Juta untuk merangsang petani kembali bercocok tanam di desa. “Mengingat saat ini masih masa pandemi, kami dari pemerintah desa kembali merangsang sektor pertanian desa,” Pungkasnya. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!