https://rakyatpostonline.com/wp-content/uploads/2022/06/WhatsApp-Image-2022-06-23-at-16.55.06-3.jpeg

Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Kapal Guide DCDC Mati Mesin Perairan Umalaoge

Proses evakuasi korban kapal mati mesin di perairan Umalaoge. Minggu, (5/7/2020). (Ist/Rakyatpostonline.com)


Kendari, Rakyatpostonline.com |
Sebuah Kapal Guide DCDC mengalami laka laut saat sedang berada di tengah perairan Umalaoge, Kecamatan Lasali, Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kabag Humas Polda Sultra, AKBP Fery Waluntika mengatakan, tepatnya pada Minggu tanggal 05 juli 2020, sekitar pukul 15.20 Wita, telah terjadi kecelakaan laka laut Kapal Guide DCDC Wakatobi diakibatkan kondisi kapal kemasukan air sehingga mengalami mati mesin di tengah lautan.

“Sekitar Pukul 13.30 Wita, Kapal GUIDE DCDC WAKATOBI bertolak dari Dermaga Marina, Wakatobi menuju Umalaoge, Kecamatan Buton. Kemudian pada Pukul 15.20 Wita kapal tidak bisa melanjutkan pelayarannya disebabkan air sudah masuk kedalam kapal sehingga mesin kapal mati,” Ungkap, AKBP Fery Waluntika.

Laporan kejadian itu diterima pihak Tim SAR dari Bapak Guntur, salah seorang korban berada di dalam kapal melalui Via Telephone, serta menunjukan arah lokasi tempat kejadian kapal mengalami kebocoran dan mati mesin.

“Penumpang atas nama guntur, menghubungi SAR melalui Via telpon dan melaporkan bahwa pihaknya mengalami musibah pada titik kordinat. 05* 16′ 18.13″ S – 123* 16′ 28.00″ E , kurang lebih 1 mill laut dari Suar umalaoge,” paparnya.

Tepatnya pada Pukul 17.20 Wita, SAR gabungan SAT POL AIRUD WAKATOBI melakukan evakuasi terhadap 5 korban laka laut, pada Pukul 18.05 Wita, RIB Sar wakatobi bersama 5 korban tiba di dermaga rakyat umalaoge dengan selamat.

“Akibat tenggelamnya kapal Guide DCDC Wakatobi Dikarenakan Faktor Cuaca yang buruk dan Ombak dengan ketinggian 2 Meter. Tindakan yang dilakukan Personil Ditpolairud Berkoordinasi dengan Tim SAR dan AL untuk sesegera melakukan pertolongan,” Jelas AKBP. Fery Waluntikan.

Adapun Korban Laka Laut berada dalam kapal mati mesin sbb :

1. Juliono Umur (25) Tahun Jenis Kelamin Laki2.
2. Guntur Umur (38) Tahun Jenis Kelamin Laki2.
3. Azis Umur (28) Tahun Jenis Kelamin Laki2.
4. Anton Umur (30) Tahun Jenis Kelamin Laki2.
5. Waode Yuliarti Umur (35) Tahun Jenis Kelamin Perempuan.

Atas kejadian laka laut ini kelima korban dalam keadaan selamat. (*)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *