Kegiatan Rutinitas Jum,at Bersih Desa Momea Bersama Masyarakat Dilaksanakan Tiap Sepekan. (Rul/rakyatpostonline.com)

Konawe, rakyatpostonline.com – PROGRAM KERJA yang dilaksan pada Hari Jumat pagi di pemerintah Desa Momea, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menjadi kegiatan rutinitas dalam melaksakan kerja bakti diperiode Jumar Lakarama.

Pelaksanaan membersihkan lingkungan halaman rumah, lingkungan antar dusun, saluran drainase, kantor ataupun ruangan-ruangan lainnya, hingga banyak manfaat yang akan dirasakan dalam kegiatan ini.  Seringkali aksi kerja bakti
pada hari Jumat, disebut gerakan Jumat Bersih, Sehingga diharapkan budaya Jumat Bersih bisa berkembang menjadi Jumat Sehat.

Jumar Lakarama, Kepala Desa Momea mengatakan perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat, di lingkungan tempat kerja masing-masing.

Suasana Istirahat Pemdes Momea Bersama Masyarakat Usai Kerja Bakti. (Rul/rakyatpostonline.com)

“Lingkungan tempat kerja yang sehat akan mendukung sikap kerja personal yang sehat, sehingga mempengaruhi produktifitas kerja yang berkualitas, bagi perkembangan tempat bekerja.” Tutur Jumar.

Tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan perangkat desa dan masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan kita bersama, sehingga suasana di kantor dan lingkungan desa, atau tempat kerja akan terasa nyaman dan kantor dapat terpelihara dengan baik, beserta lingkungan kediaman masyarakat yang berada dibadan jalan poros Tongauna – Abuki, Cerah dan ASRI.

“Sebagai tanggungjawab saya sebagai kepala pemerintah Desa Momea, sudah menjadi kewajiban memberikan contoh melakukan hal yang positif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari jumat.

“Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu masyarakat akan merasakan, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk selalu menumbuhkan rasa kesadaran diri untuk selalu menjaga lingkungan sehat terhindar dari pemicu penyakit.” Jelas kepala desa momea, Jumar Lakarama kepada awak media rakyat post.(*Rul/RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here