Kolaborasi Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, Ruksamin Buka Pelatihan Metode Gasing

H. Ruksamin membuka pelatihan metode Gampang Asyik, dan Menyenangkan (Gasing) untuk guru dan Siswa Sekolah Dasar, berlangsung di SDN 2 Molawe. Kamis, (27/07/2023). (*Ist)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin membuka pelatihan pandai berhitung dengan metode Gampang Asyik, dan Menyenangkan (Gasing) untuk guru dan Siswa Sekolah Dasar, berlangsung di SDN 2 Molawe. Kamis, (27/07/2023).

Pelatihan metode Gasing tersebut merupakan Kerja sama Pemerintah Kabupaten Konawe Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 15 hari dan diikuti sebanyak 96 peserta yang terdiri dari 29 guru, 3 orang pengawas, dan 64 Siswa.

Ruksamin mengatakan, Pelatihan dengan metode Gasing merupakan konsep merdeka belajar, konsep yang diangkat dari bapak pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan itu bukan dipaksakan, bukan diintimidasi tapi harus menyenangkan.

Menurutnya, pelajaran hitung – hitungan atau matematika merupakan ilmu pasti sehingga semua ilmu akan didasarkan oleh hitungan.

“Kenapa kita minta agar kegiatan ini dilaksanakan kita belajar yang namanya ilmu pasti semua didasarkan oleh hitungan, Kalau di hitungan kita tidak paham kira – kita bagaimana,” ucapnya.

Dirinya mengungkapkan apa yang dilakukan Pemda hari ini merupakan salah upaya agar masyarakat Konawe Utara terus tumbuh dan berdaya saing.

“Konawe utara tidak boleh jauh tertinggal dengan daerah yang lain, orang konawe utara harus berdaya saing,” katanya.

Dirinya berharap, dengan belajar metode Gasing semoga dapat mempercepat pertumbuhan daya saing baik guru maupun siswa di Konawe Utara.

Usai membuka pelatihan, dikesempatan itu Ruksamin, didampingi ketua DPRD Konut, Ikbar, dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konut Asmadin, menyerahkan bantuan laptop bagi guru se Kabupaten Konawe Utara secara simbolis. (**)


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *