Pertama di Konut, SDN 5 Andowia Raih Akreditasi A, ini Respon Bupati

Kepala Sekolah SDN 5 Andowia, Martina, S.Pd, (Barisan Keempat dari Kiri) bersama Dewan Guru. (Foto : Rakyatpostonline.com)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Teks Berita“]
Konawe Utara, Rakyatpostonline.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Andowia, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) membuahkan hasil luar biasa dari kejar mutu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) melalui Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah (BAN-SM).

Berkat kerja keras Kepala Sekolah SDN 5 Andowia, Martina, S.Pd, sekolah yang berdiri pada tahun 1983 itu, berhasil memperoleh Akreditasi A (Unggul) pada tanggal 13 Desember 2021, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional – Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Nomor : 1447/BAN-SM/SK/2021 Tentang penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi sekolah/madrasah.

Peran Sosok Martina, S.Pd, sudah tidak diragukan lagi, setelah berupaya untuk mengembangkan kualitas pendidikan di konawe utara, terkhusus sekolah dasar di kecamatan Andowia. Hal ini semata-mata didasari niat untuk meningkatkan mutu dan kualitas para siswa-siswi agar selalu siap bersaing, dalam persaingan dunia global yang semakin pesat perkembangannya saat ini.

Foto bersama Tim Pendampingan Kejar Mutu Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah (BAN-SM) dan Dewan Guru SDN 5 Andowia saat meninjau langsung ke sekolah.*

“Semua apa yang telah kami raih dan mendapatkan Akreditasi A Kategori Unggul. Tidak terlepaskan peran serta para dewan guru bekerja keras, baik tenaga dan pikiran, serta berkat dukungan dan kerjasama Pemda Konawe Utara, beliau Bupati Konut, Dr. H. Ruksamin, serta partisipasi dari Kepala Dikbud Konut, Lapeha, S.Pd, memberikan semangat dan motivasi sehingga mendapatkan hasil akhir sangat memuaskan,” Ucap Martina, kepada media Rakyat Post, Senin (20/12/2021).

Lebih jauh, mantan Kepala Sekolah SDN 7 Oheo itu menceritakan, sekolah yang dipimpinnya selama dua tahun lebih, merupakan pencapaian yang patut disyukuri atas pengakuan dari pemerintah. Banyak sekali tahapan proses yang harus dilalui untuk mendapatkan akreditasi, pasalnya SDN 5 Andowia dirintisnya star dari nol atau non kategori (tanpa akreditasi) dimulai membenah lingkup sekolah, sarana dan prasarana pendidikan.

“Proses akreditasi meliputi penilaian visitasi, validasi serta verifikasi administrasi, dilakukan beberapa indikator pengendalian dan mutu pendidikan apakah sudah sesuai dengan standar nasional. Melalaui Zoom Meeting, assesor menggunakan teknik wawancara, dokumen, angket, dan observasi kelas, meliputi mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah. Jumlah guru 9 orang, terbagi 4 PNS dan 5 orang P3K serta jumlah Murid 175 Orang,” Jelasnya.

Siswa-siswi SDN 5 Andowia dan proses belajar mengajar.*

Berbagai proses tahapan-tahapan yang dijelaskan sebelumnya, maka diputuskan bahwa SDN 5 Andowia layak mendapatkan Akreditasi A (Unggul) sebagai Sekolah Dasar Negeri yang mengelola program pendidikan dengan baik dan maksimal, dan satu-satunya SDN mendapatkan Akreditasi A di kabupaten konawe utara.

Menanggapi Prestasi tersebut, Bupati Konawe Utara, Dr. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN.Eng, menyampaikan rasa kebanggaannya atas peran dan dedikasi yang telah diberikan kepala sekolah SDN 5 Andowia, Martina, S.Pd, mampu menjadi satu-satunya kepala sekolah perempuan memberikan semangat dan pengorbanan kerja keras, pertama di konawe utara sekolah mendapatkan Akreditasi A, dengan kategori Unggul.

“Atas nama Pemda Konut maupun pribadi, mengucapkan selamat dan sukses selalu atas capaian Akreditasi A SDN 5 Andowia. Sangat luar biasa, pekerjaan yang tidak mudah, butuh pengorbanan. Sekali lagi Selamat. Salut dan hormat kepada Ibu Martina. Terhadap yang lain, jangan berkecil hati, kalau Ibu Martina bisa, apa bedanya dengan yang lain, pasti bisa. Terus berbuat untuk yang terbaik buat Konasara,” Imbuh Bupati Konut.

Bupati Konawe Utara, Dr. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN.Eng.*

Selain bupati konut, respon positif juga diucapkan Ketua tim pendampingan kejar mutu, Inggar, memberikan selamat buat SDN 5 Andowia mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional. Semoga pencapaian ini menjadi motivasi bagi Ibu Martina, selaku Kepala Sekolah, dan rekan-rekan guru di SDN 5 Andowia. Tetap selalu mengukir dan meningkatkan prestasinya, serta mencapai pencapaian terbaik di masa mendatang.

“Dengan hasil ini semoga juga menjadi pemacu berprestasi bagi SDN lainnya di Konawe Utara, buat berprestasi juga seperti SDN 5 Andowia. Saya jujur berharap di bawah kepemimpinan Ibu Martina, dan kerjasama mempertahankan akreditasi A nya, dan tahun depan bisa menjadi sekolah Penggerak Tingkat Nasional. Amin,” Pungkas Inggar. (**)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!