Bupati Konut Launching “KAWANKU” Sebagai Peluang dan Tantangan

H. Ruksamin, Bupati Konawe Utara melakukan monitoring dan melouncing proyek perubahan 'Kawanku" di Desa Tanjung Bunga Kecamatan Walosea, Rabu (01/Juni/2020). (Ist/Rakyatpostonline.com)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.com |
Persoalan kawasan kumuh memiliki tingkat komplesitas yang tinggi, tidak mungkin didekati dengan satu pendekatan atau kegiatan saja, tapi harus dilakukan secara terpadu (kolaborasi) dan juga berbagai macam komponen kegiatan pengembangan kapasitas, pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, dan tentu saja pembangunan infrastruktur permukiman.

Kali ini, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) memalui Dinas perumahan dan kawasan pemukiman kabupaten konawe utara menggagas proyek perubahan “KAWANKU” (Kawasan Anti Kumuh) Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Wawolesea menjadi sasaran proyek perubahan Kawasan anti kumuh tersebut.

Program ‘Kawanku’ berhasil menyulap desa tanjung bunga yang semula kumuh menjadi lebih bersih, layak, dan tertata rapih.

Memastikan proyek tersebut rampung, Bupati Konawe Utara, Dr.Ir.H.Ruksamin,ST.,M.Si.,IPM.,ASEAN Eng, sekaligus mentor dalam proyek itu melakukan monitoring dan melouncing proyek perubahan ‘Kawanku” di Desa Tanjung Bunga Kecamatan Walosea, Rabu (01/Juni/2020) dengan tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid-19.

Selain melouncing Proyek perubahan Kawanku, Bupati juga menyerahkan bantuan bahan bangunan untuk pembangunan pesantren, bantuan cat bagi desa tanjung bunga, dan penyerahkan BLT tahap III terhadap warga tanjung bunga.

Bupati Konut dalam sambutannya mengatakan, bahwa melalui program proyek perubahan kawanku bisa menjadikan desa tanjung bunga menjadi percontohan dibidang perumahan dan kawasan pemukiman kabupaten konawe utara.

“Harapan kita kedepan program ini menjadi pilot projeck menjadi percontohan terhadap pelaksanaan khususnya pembangunan di bidang perumahan dan kawasan pemukiman,” Papar, H. Ruksamin.

Selain itu, Bupati Konut berharap, pelaksanaan proyek perubahan tersebut dilakukan sesui dengan yang digambarkan.

“Olehnya itu pada kesempatan ini, pak kadis apa yang di gambarkan disana, apa yang sudah mulai terlaksana, saya tidak mau hanya gambar saja tetapi apa yang soudara gambarkan disana betul-betul harus terlaksana,” Harap, H. Ruksamin.

Dikesempatan yang sama, Kadis perumahan dan kawasan pemukiman Aziz Muslim, S.Pi mengatakan, kawasan kumuh di kabupaten konut masih ada 43 titik kawasan yang nota benya berada diwilyah pesisir salah satunya di desa tanjung bunga.

“Ada beberapa perkajaan yang sudah kita selesaikan sampai hari ini yang pertama kita merehabilisasi dua MCK, membuat 1 unit pembuangan sampah, kemudian pemasangan lampu jalan 80 buah tiang, pembuatan pagar dan pengecatan pagar, merehabilitasi rumah penduduk yang tidak layak huni, perbaikan drainase atau saluran air,” Pungkas Azis Muslim. **


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.